Kamis, 18 April 2024

Jokowi Sebut Pertemuan dengan Surya Paloh Jembatan bagi Semua Kekuatan Politik Nasional

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan keterangan pers usai acara silaturahim dengan para nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di GOR Basket Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (16/2/2024). Foto: Antara Jokowi Presiden menyampaikan keterangan pers usai acara silaturahim dengan para nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di GOR Basket Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (16/2/2024). Foto: Antara

Pascapemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024), Joko Widodo Presiden mengadakan pertemuan dengan sejumlah petinggi partai politik.

Kemarin malam, Minggu (18/2/2024), Presiden bertemu dengan Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem.

Dalam keterangannya, pagi hari ini, Senin (19/2/2024), di Jakarta, usai meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Jenderal Soedirman dan 20 rumah sakit TNI, Presiden menyebut pertemuan itu sifatnya biasa untuk membicarakan dinamika politik.

Jokowi mengistilahkan pertemuan dengan Surya Paloh sebagai jembatan bagi semua kekuatan politik. Nantinya, tetap partai-partai politik yang punya kewenangan untuk mengambil sikap.

“Ini baru awal-awal. Kalau sudah final nanti kami sampaikan. Tapi, itu sebetulnya saya hanya menjadi jembatan. Yang paling penting kan nanti partai-partai,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu merasa tidak perlu menjelaskan siapa yang mengundang atau diundang dalam pertemuan tersebut.

Yang terpenting, kata Jokowi, pertemuan dengan Surya Paloh bermanfaat bagi perpolitikan nasional dan negara.

“Saya kira tidak perlu dipersoalkan siapa yang undang, siapa yang diundang. Yang penting memang ada pertemuan dan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan kita, bagi negara,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Ari Dwipayana Koordinator Staf Khusus Presiden mengatakan, beberapa waktu lalu Surya Paloh menyampaikan permohonan untuk menghadap Presiden.

Merespons permohonan itu, Jokowi baru bisa mengalokasikan waktu pertemuan hari Minggu malam, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Seperti diketahui, dalam Pilpres 2024, Jokowi Presiden disebut ada di belakang partai politik Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden.

Sedangkan Surya Paloh diketahui sebagai inisiator Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres-cawapres.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs