Senin, 20 Mei 2024

Ketua MPR Ingatkan Pemerintahan Mendatang Harus Diisi Orang-Orang Kompeten dan Berintegritas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Arsip foto - Bambang Soesatyo Ketua MPR memberikan pandangannya pada acara konferensi pers “Dialog Kebangsaan" di kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Selasa (8/3/2022). Foto: Antara

Bambang Soesatyo Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI mengingatkan kabinet pemerintahan mendatang harus diisi figur yang kompeten, berintegritas, dan memiliki loyalitas.

Kriteria itu berlaku buat menteri yang berlatar belakang profesional, maupun dari partai politik.

Menurut politikus yang akrab disapa Bamsoet, para pembantu presiden nantinya punya tugas berat. Mereka harus mampu bekerja 1×24 jam selama 365 hari dalam lima tahun sepanjang 2024-2029.

Dalam keterangannya, siang hari ini, Jumat (12/4/2024), di Jakarta, dia menyebut anggota kabinet pemerintahan mendatang wajib mengawal dan mengeksekusi kebijakan presiden terpilih dengan baik.

Lebih lanjut, legislator dari Partai Golkar tersebut mendukung rencana pemisahan beberapa kementerian supaya lebih fokus bekerja.

Antara lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Pembantu presiden nanti harus memiliki semangat baru, kolektif kerja baru, dan nomenklatur kementerian baru, tantangan baru, tetapi tetap dibalut dengan kedalaman strategis kombinatif, penerus kebijakan Kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin hari ini,” ujarnya.

Tantangan semakin besar karena sekarang dunia sedang menghadapi berbagai persoalan akibat perang dan bencana alam yang bisa mengganggu kondusivitas dalam negeri.

Sementara dari dalam negeri, setiap kegaduhan politik berkepanjangan cenderung memperburuk stabilitas ekonomi dan sosial.

Maka dari itu, Bamsoet mengajak seluruh elemen bangsa bersatu demi kemajuan Indonesia.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden terpilih hasil Pemilu 2024.

Pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyatakan, sejauh ini urusan formasi menteri masih dalam tahap pembicaraan informal.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs