Kamis, 2 Mei 2024

Seribuan Orang Ikut Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim dari Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim melepas secara simbolis bus Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Sebanyak 1.092 orang pemudik tujuan berbagai daerah Jawa Timur, pagi hari ini, Jumat (5/4/2024), ikut Program Mudik Bareng Gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Total 27 bus eksekutif yang mengangkut para pemudik berangkat dari halaman Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, dari pukul 07.00 WIB, para pemudik mulai melakukan registrasi ulang di tempat yang tersedia.

Pemudik juga bisa menukarkan uang baru berbagai pecahan untuk dibawa ke kampung halaman, di stand Bank Jatim yang berada persis di sisi kanan tempat registrasi ulang.

Pukul 08.30 Nyono Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur menyampaikan laporan kegiatan Mudik Bareng Gratis Tahun 2024, dilanjutkan dengan sambutan Adhy Karyono Penjabat Gubernur Jawa Timur.

Pemberangkatan secara simbolis dilepas Adhy Karyono pukul 08.45 WIB usai meninjau bus pemudik.

Dalam keterangannya, Penjabat Gubernur Jatim menyatakan, Mudik Bareng Gratis merupakan program rutin yang diadakan Pemprov Jatim mulai kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa.

Tujuannya antara lain meringankan masyarakat, dan mengurangi pemudik dengan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor yang rawan kecelakaan.

“Ini bagian dari kewajiban pemerintah kepada masyarakat. Jawa Timur masuk tujuan pemudik paling tinggi tahun ini. 31,2 juta pemudik itu tercatat yang paling tinggi selama ini. Kami ingin membantu meringankan, kalau memggunakan kendaraan pribadi khususnya roda dua, tentu menambah kemacetan dan tinggi potensi kecelakaan. Dari tahun ke tahun, program ini direspons sangat baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adhy Karyono bilang, Pemprov Jatim juga memfasilitasi masyarakat yang mudik ke pulau-pulau di Jawa Timur seperti Bawean, Madura, dan Kangean dengan kapal laut.

Selain mudik, Pemprov Jatim juga memfasilitasi masyarakat yang akan kembali ke Jakarta sesudah liburan di berbagai wilayah Jawa Timur.

Sebanyak 20 unit bus disiapkan Pemprov Jatim di lima kabupaten, yaitu Sumenep, Jember, Tulungagung, Jombang dan Madiun, tanggal 14 Maret 2024.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, ada lima provinsi tujuan pemudik yang paling banyak pada momen Lebaran Idulfitri tahin ini.

Pertama, Jawa Tengah akan didatangi sekitar 61 juta orang pemudik. Lalu, Jawa Timur di urutan kedua terbanyak dengan perkiraan 37 juta orang.

Kemudian, Jawa Barat diprediksi didatangi 32 juta pemudik, Daerah Istimewa Yogyakarta 11 juta orang, dan DKI Jakarta 6,4 juta orang pemudik.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs