Senin, 6 Mei 2024

Ketua PP Muhammadiyah Ajak Seluruh Peserta Wujudkan Pemilu Bermartabat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah berharap Pemilu berjalan dengan baik, jujur dan adil, serta jauh dari penyimpangan dan kecurangan. Foto: Humas PP Muhammadiyah

Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengajak seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk mewujudkan kontestasi yang bermartabat.

“Berkontestasilah dengan ksatria sebagai negarawan, baik untuk pileg dan pilpres. Jangan menang untuk menang, apalagi menang dengan menghalalkan segala cara,” kata Haedar Nashir dilansir Antara pada Minggu (7/1/2024).

Ia mengatakan Indonesia telah melaksanakan Pemilu ke enam ini di Era Reformasi, belum dihitung pada Era Orde Lama dan Orde Baru.

“Untuk itu, jadilah kontestan-kontestan yang betul-betul menjadi teladan bagi bangsa ini, menjadi negarawan. Maka jaga pemilu ini,” katanya.

Haedar berharap kepada penyelenggara Pemilu 2024, KPU yakni dan Bawaslu, bena-benar mengawal Pemilu supaya berjalan dengan baik, makin jujur dan adil, serta jauh dari penyimpangan dan kecurangan.

“Jadi kalau kita berpemilu tidak sejalan dengan aturan lagi, maka betapa menurunnya kualitas pemilu,” katanya.

Namun demikian, lanjut Haedar, kualitas pemilu semua tergantung pada jiwa warga negara dan bangsa.

“Menang tapi menggunakan segala cara,” katanya.

Haedar menegaskan Muhammadiyah tetap sebagai organisasi yang non-partisan dan itu dipahami oleh seluruh warga, bahkan oleh rakyat Indonesia, dan berbagai pihak bahwa Muhammadiyah tetap menjaga kepriadiannya, yakni tidak dukung mendukung, apalagi partisipan.

Selanjutnya, Muhammadiyah tetap menjaga nilai-nilai berbangsa dan bernegara, termasuk pemilu.

“Maka kami harapkan bahwa selain Muhammadiyah, institusi negara juga harus non-partisan agar negara ini terawat menjadi milik semua,” katanya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs