Senin, 20 Mei 2024

Malam Ini, Tiga Cawapres Kembali Bertemu di Forum Debat Pilpres 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
(kiri ke kanan) Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD yang berstatus cawapres akan mengikuti debat pada Minggu (21/1/2024) malam ini. Foto: tangkapan layar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (21/1/2024), kembali menggelar Debat Pilpres 2024 seri keempat.

Debat yang diikuti calon wakil presiden (cawapres) terjadwal mulai pukul 19.00 WIB, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Tema debat kedua untuk cawapres yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Sama seperti debat sebelumnya, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD yang berstatus cawapres akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis, dan sesama mereka sendiri.

Tiga orang calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo juga akan hadir di lokasi. Tapi, porsi bicara di panggung hanya untuk cawapres.

August Mellaz Komisioner KPU RI mengatakan, debat akan berlangsung dalam enam segmen selama 150 menit termasuk jeda iklan. Format dan urutan segmen debat keempat tidak mengalami perubahan.

Segmen pertama, penyampaian visi dan misi program kerja masing-masing cawapres.

Lalu, segmen kedua dan ketiga penyampaian pertanyaan yang sudah disusun panelis, diajukan oleh moderator.

Segmen keempat dan kelima, cawapres punya kesempatan bertanya ke masing-masing cawapres lainnya, dan saling menanggapi.

Segmen terakhir, pernyataan penutup atau kesimpulan para cawapres.

“Kalau lihat pengalaman debat ketiga kan sempat ada chit-chat antara, bukan pendukung saja, tapi dari pasangan calonnya. Nah, itu nanti peran moderator. Kami juga ingatkan ke moderator peran-perannya itu,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs