Senin, 29 April 2024

KPU Minta Ada Perwakilan LO dari Masing-Masing Timses Paslon saat Debat Keempat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
August Mellaz Komisioner KPU RI menjawab pertanyaan wartawan selepas rapat koordinasi terakhir untuk penyelenggaraan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Foto: Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meminta secara khusus tiga liaison officer (LO) untuk perwakilan masing-masing tim sukses pasangan calon (Paslon) saat penyelenggaraan debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) mendatang.

Dilansir Antara, August Mellaz Komisioner KPU RI menyebut penghubung (liaison officer) itu bakal menjadi perantara KPU RI dan tim sukses masing-masing Paslon, jika nantinya ada insiden-insiden tertentu saat debat berlangsung.

August menjelaskan, tiga LO itu terdiri atas satu orang yang punya akses penuh untuk bergerak selama acara debat dan duduk di barisan dekat komisioner KPU.

“LO yang full access (akses penuh–red) ditempatkan secara khusus dekat dengan kami agar bisa membantu bersama-sama observasi terhadap pelaksanaan acara debat berlangsung,” kata August Mellaz saat ditemui selepas rapat koordinasi penyelenggaraan debat ke-4 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Kemudian ada dua LO tambahan yang ditempatkan masing-masing di barisan kursi tim sukses belakang paslon dan di barisan seberang pasangan calon.

Sebelumnya, pada Senin (15/1/2024), August juga menyebut LO tersebut juga dibekali dengan protofon (handy talkie/HT) saat acara debat, sehingga para penghubung itu punya jalur komunikasi yang lancar jika ada laporan/protes atas insiden-insiden yang mungkin terjadi selama acara debat.

Akan tetapi, lanjutnya, HT itu hanya akan dipegang oleh satu LO yang punya akses penuh (full access) selama acara.

“Jadi, enam dari mereka, kemudian sama tim kita, dan tentu dari media penyelenggara; sehingga nanti secara real time (langsung, red.) kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi,” tutur August.

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan akses penuh itu maksudnya penghubung tersebut dapat langsung berkomunikasi juga dengan para komisioner.

Namun, mereka tetap tidak dapat berkomunikasi langsung dengan pasangan calon, panelis, dan moderator. “Itu sama sekali dilarang,” ucap August.

Untuk diketahui, debat keempat Pilpres 2024 yang menampilkan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud Md. (cawapres nomor urut 3) mengangkat isu-isu antara lain sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Rangkaian debat itu merupakan bagian dari kampanye Pilpres 2024 yang diwadahi KPU. KPU RI sendiri menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs