Minggu, 28 April 2024

Pemerintah Pastikan Pengiriman Logistik Pemilu 2024 Sudah Berjalan Optimal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas PPK dan PPS bekerja bersama menyelesaikan pengemasan logistik pemilu di Gudang Logistik KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Selasa (30/1/2024). Foto: Antara Petugas PPK dan PPS bekerja bersama menyelesaikan pengemasan logistik pemilu di Gudang Logistik KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Selasa (30/1/2024). Foto: Antara

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan layanan logistik untuk melayani pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 berjalan dengan optimal.

Budi Arie Setiadi Menkominfo menyebutkan hal itu dapat terealisasi berkat koordinasi apik bersama para penyedia logistik, yang sudah dipercaya melakukan pengiriman keperluan untuk pemilihan umum.

“Sekarang logistik surat suara sudah sampai di tingkat kabupaten dan kota. Nah beberapa hari lagi akan sampai ke kecamatan dan nantinya didistribusikan ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) masing-masing. Ini kan masih tujuh hari lagi. Waktunya cukup dan saya pikir tepat waktu, efektif pokoknya,” kata Budi di Jakarta, Rabu (7/2/2024) dilansir Antara.

Dalam pengiriman itu, kata Budi, salah satunya dipercayakan kepada PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai BUMN yang dikenal menyediakan layanan pos.

PT. Pos Indonesia dalam Pemilu 2024 telah berkontribusi melakukan pengiriman kebutuhan Pemilu sejak 2023 dimulai dari mengirimkan kotak suara, peralatan mencoblos, segel, hingga tintanya.

Untuk 2024, PT. Pos Indonesia dimandatkan mengirimkan surat suara ke 2.400 kecamatan termasuk ke daerah-daerah terpencil seperti daerah terluar, terdepan, tertinggal (3T).

Sementara Faizal Rochmad Djoemadi Direktur Utama PT. Pos Indonesia mengatakan, pihaknya telah menargetkan bahwa seluruh pengiriman surat suara itu bisa sampai tepat waktu dengan menyiapkan berbagai antisipasi agar surat-surat suara dapat tetap utuh hingga sampai di TPS.

Seluruh pengiriman surat suara itu dipantau melalui Sistem Informasi Logistik Nasional (SILOG) dan belum terdeteksi adanya kendala dalam pengiriman surat-surat suara tersebut.

Pengirimannya pun disesuaikan dengan setiap kondisi geografis yang berbeda-beda di lapangan dengan penjagaan dari otoritas keamanan seperti Polri dan TNI.

“Ada yang dikirim naik boat, ada yang dikirim naik helikopter, dan segala macam transportasi. InsyaAllah semuanya dikawal dan sampai dengan tepat waktu, kalau di tempat terpencil H-3 sudah sampai dan di kota-kota itu H-1,” kata Faizal. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs