Minggu, 16 Juni 2024

Rekapitulasi Pemilu Tingkat Kota di Surabaya Molor Lagi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Naafilah Astri Swarist Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi saat diwawancarai awak media di KPU Surabaya, Kamis (7/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Rekapitulasi pemilihan umum (pemilu) tingkat kota di Surabaya yang ditarget tuntas Kamis (7/3/2024) hari ini, kembali molor.

Naafilah Astri Swarist Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi menyebut, sudah ada 27 kecamatan yang tuntas direkap sampai hari ini.

“Kami upaya maksimal, mendorong teman-teman. Sebenarnya di kecamatan ini tinggal pencermatan akhir, memastikan bahwa datanya sesuai. Hari ini, sudah pembacaan dari (total) 31 kecamatan sudah 27 (kecamatan), masih ada PR empat kecamatan,” kata Naafilah.

Ia memberi waktu empat kecamatan yang masih pencermatan, supaya segera menyelesaikan dan menyerahkan hasilnya ke KPU Surabaya.

“Nanti malam sudah siap kontainernya (kecamatan) Wonokromo. Sisa tiga kecamatan lagi, kita pantau terus sejauh mana teman-teman berproses. Infonya di Gubeng tinggal tanda tangan, Wonocolo tinggal pencermatan presiden dan hampir selesai. Tegalsari masih pencermatan di legislatif,” imbuhnya lagi.

Ia belum bisa memastikan keempat kecamatan akan menyerahkan hari ini, dan bisa direkap tuntas pada Jumat (8/3/2024) besok.

“Kita pantau terus, maksimalkan lah. Harapan kami segera selesai. Saya gak bisa bilang hari ini selesai semua, sedangkan teman-teman di kecamatan tanda tangan (formulir model) D hasil saja belum. Pokoknya, kami minta PPK kalau D hasil sudah dicermati, tanda tangan para pihak, data benar, maka box boleh dikirim ke kami,” katanya lagi.

Meski semua kecamatan diminta melakukan percepatan, tapi Naafilah mengutamakan detail dan kecermatan.

“Karena kerja pemilu harus detail, cermat. Jadi teman-teman harus berhati-hati dengan setiap masukan saksi dan panwascam,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, jadwal rekapitulasi tingkat kota harusnya tuntas Selasa (5/3/2024), tapi KPU Surabaya minta rekomendasi Bawaslu Surabaya tambahan dua hari sampai hari ini. (ita/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs