Jumat, 29 Maret 2024

Petani Tebu Deklarasikan Dukungan untuk Gus Ipul-Mbak Puti

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Petani Tebu Deklarasikan Dukungan untuk Gus Ipul-Mbak Puti di Malang, Kamis (7/6/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net

Sejumlah tokoh petani tebu yang tergabung di Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mendeklarasikan dukungan kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut dua.

Mereka menyampaikan deklarasi di sela-sela sarasehan problematika petani tebu yang digelar di Malang, Kamis (7/6/2018). Gus Ipul dan Aria Bima anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan hadir di acara ini.

Suwandi, Ketua DPD APTRI Jawa Timur mengatakan, dukungan untuk Gus Ipul ini didasari keberpihakan yang selama ini diberikan Wakil Gubernur Jawa Timur itu pada petani tebu.

“Selama 10 tahun menjadi Wagub (Wakil Gubernur Jawa Timur) Gus Ipul selalu berpihak pada kami. Gus Ipul tidak hanya bisa janji, tapi telah memberikan bukti,” kata Suwandi dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net.

Selama menjadi pendamping Gubernur Pakde Karwo, kata dia, Gus Ipul selalu memperjuangkan petani tebu agar bisa mendapatkan rendemen yang menguntungkan.

“Jadi tidak ada alasan bagi para petani tebu untuk tidak mendukung Gus Ipul,” katanya.

Mendapat dukungan ini, Gus Ipul tambah bersemangat. Menurutnya, Petani tebu menjadi bagian penting dari masyarakat Jawa Timur yang sangat perlu mendapat perhatian.

“Ada tiga poin penting yang harus diperhatikan terkait nasib petani tebu,” kata Gus Ipul. “Pertama, pemerintah mempercepat revitalisasi pabrik gula. Kedua, mendorong petani bisa menanam tebu yang unggul dan produktif. Ketiga, harga gula bisa menguntungkan petani,” kata dia.

Di sisi petani, kata dia, ketersediaan pupuk serta bibit juga harus dijamin. Bila ketersediaan pupuk dan bibit sudah baik, pabriknya juga baik, Gus Ipul mengatakan, tinggal menjaga harga agar menguntungkan.

Untuk menjaga harga stabil, Gus Ipul berencana membentuk BUMD Pangan yang kelak bisa bekerjasama dengan Bulog untuk membeli gula petani dengan harga yang menguntungkan.(den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs