Jumat, 29 Maret 2024

Rekapitulasi Suara, Khofifah-Emil Unggul di KPU Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Kantor KPU Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Kantor KPU Surabaya, baru saja selesai sekitar pukul 02.00 WIB, Jumat (6/7/2018).

Dari hasil rekapitulasi suara 31 kecamatan di Surabaya, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak paslon nomor urut satu unggul dari Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno paslon nomor urut dua.

Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya mengatakan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 tingkat Kota Surabaya, paslon Khofifah-Emil memperoleh 579.246 suara. Sedangkan Saifullah Yusuf-Puti memperoleh 560.848 suara.

Dalam hal ini, lanjut dia, tugas KPU Surabaya dalam pemilihan gubernur hanya sampai pada tahapan rekapitulasi penghitungan suara untuk tingkat kota saja. Selanjutnya, akan diteruskan ke pihak KPU Provinsi Jatim.

“Hari ini kami sudah menyelesaikan rekapitulasi di tingkat kota. Hasil dari rekapitulasi tingkat kota, Khofifah-Emil memperoleh 579.246 suara dan Gus Ipul-Puti Guntur memperoleh 560.848 suara. Selanjutnya hasil akan kami kirim ke KPU Jatim. Nanti pihak sanalah yang akan menetapkan siapa yang unggul,” kata Nur Syamsi, Jumat (6/7/2018).

Selain itu, kata dia, dari hasil rekapitulasi suara tingkat kota, diketahui jumlah suara sah sebanyak 1.140.094, sedangkan suara tidak sah sebanyak 26.390.

Nur Syamsi juga menambahkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat Surabaya dalam Pilgub Jatim sebesar 58 persen. (ang/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs