Jumat, 29 Maret 2024
Rangkaian Pelantikan Khofifah-Emil

Khofifah-Emil akan Sujud Syukur di Masjid Al Akbar Sebelum Pidato di Tugu Pahlawan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang baru. Foto: dok suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang baru akan disambut dengan rangkaian acara di Surabaya pada Kamis (14/2/2019).

Penyambutan ini setelah keduanya dilantik oleh Joko Widodo Presiden di Jakarta pada Rabu (13/2/2019).

Helmy M Noor Ketua Tim Kreatif Khofifah-Emil mengatakan, rangkaian penyambutan akan dilakukan mulai dari Bandara Juanda sekitar pukul 12.00 WIB. Dari Bandara Juanda, Khofifah-Emil langsung menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya untuk menunaikan shalat sunnah Tahiyatal Masjid, dilanjutkan jamaah Shalat Dzuhur, doa bersama, dan diakhiri dengan sujud syukur.

Setelah itu, kata Helmy, Khofifah-Emil menuju pintu timur Masjid disambut Shalawat Nabi diiringi 1000 rebana, kemudian naik mobil Jeep dikawal 30 mobil Jeep menuju Monumen Tugu Pahlawan.

Sampai di Tugu Pahlawan, Khofifah-Emil disambut 199 penari Remo dan memberikan pidato kerakyatan sebagai pidato pertama Khofifah-Emil setelah dilantik. Selesai di Tugu Pahlawan, kemudian mereka bergeser ke depan Hotel Mojopahit yang dilanjutkan diarak oleh relawan dengan jalan kaki menuju Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Suryo.

Dalam longmarc ini, Khofifah-Emil akan naik kereta khas Madura musik Ul-Daul, yang diiringi barisan drumband, barongsai dan kesenian lainnya.

Setiba di Gedung Negara Grahadi, mereka disambut oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, Muslimat NU, dan masyarakat yang dilanjutkan pembacaan doa Khotmil Qur’an. Karena sejak siang, di Gedung Negara Grahadi digelar Khotmil Qur’an yang dibaca oleh 99 khafid-khafidhoh.

“Setelah itu, acara dilanjutkan buka puasa bersama saat Maghrib, karena kebetulan hari itu Kamis, Ibu Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur menunaikan puasa sunnah, jadi sekaligus buka puasa, terus shalat Maghrib berjamaah dilanjutkan istighosah,” kata Helmy kepada suarasurabaya.net, Senin (11/2/2019).

Setelah Maghrib itu, acara dilanjutkan ramah-tamah dengan para undangan dan para relawan yang datang di Gedung Negara Grahadi. Di situ juga ada pemberian santunan anak yatim.

“Kegiatan berakhir di Gedung Negara Grahadi sekitar pukul 21.00 WIB. Mohon doa kepada seluruh masyarakat Jatim, prosesi penyambutan ini berlangsung lancar dan sukses. Kami juga memohon maaf, apabila nanti ada sedikit kemacetan sebentar saat rombongan melintas,” katanya.

Terkait angka 99 khafid dan khafidhoh, kata Helmy, itu berseiring dengan program 99 hari Khofifah-Emil memimpin Jatim. Angka 99 itu, kata Helmy diambil dari semangat Asma’ul Husna yang memiliki makna historis dan spiritual yang tinggi.

“Kami dibackup Dishub Jatim, Polda Jatim, dan Polrestabes Surabaya untuk memantapkan persiapan acara ini. Mohon doanya,” katanya. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs