Minggu, 5 Mei 2024

Koalisi Partai Islam Sulit Terwujud

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Gagasan membentuk Koalisi Partai Islam untuk menghadapi pilpres 2014 patut diapresiasi, namun sulit direalisasikan karena masing masing partai mempunyai egoisme yang tinggi.

Hal ini disampaikan Muhaimin Iskandar ketua umum DPP PKB, partai berbasis Islam yang mendapat suara cukup signifikan dibanding empat partai islam lainnya.

Pada pemilu legislatif 9 april lalu, menurut hitung cepat, PKB memperoleh 9,44 persen, PAN 7,60 persen suara, PKS 6,61 persen, PPP 6,52 persen dan PBB 1,60 persen suara.

Kata Muhaimin, dari lima Partai Islam ini jika suaranya ditotal mencapai 30 persen sehingga cukup untuk mengajukan seorang capres maupun cawapres.

Persoalannya sekarang, siapa yang bakal diusung untuk menentukannya bukan pekerjaan mudah. Karena masing masing partai sudah menyiapkan jagonya.

Bahtiar Nasir Ketua forum kualisi politik islam secara terpisah mengatakan, potensi partai berbasis islam itu cukup besar. dan melewati perkiraan lembaga survei.

“Alangkah baiknya kalau lima partai islam itu membangun kekuatan dalam satu barisan,” kata Bahtiar.

Malam ini, Kamis (17/4/2014) Bahtiar Nasir akan mengundang ormas dan partai islam untuk mematangkan koalisi politik islam yang sudah digagas ormas-ormas Islam di kantor PBNU, Selasa 15 april 2014. (jos/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs