Jumat, 3 Mei 2024

Jatim Masih Menjadi Penentu Kemenangan Pilpres 2019

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Airlangga Pribadi CEO The Initiative Institute dalam diskusi di Hotel Wyndam Surabaya, Senin (17/12/2018). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Airlangga Pribadi CEO The Initiative Institute mengatakan, Jawa Timur menjadi penentu hasil Pilpres 2019 mendatang. Indikatornya adalah hasil Pilpres 2014 sebelumnya telah tercatat hasil suara Pilpres di Jatim sangat tipis sekali selisihnya dengan hasil nasional.

“Saat itu, Jokowi-JK mendapat suara 53 persen dan Prabowo-Hatta mendapat 46 persen di Jatim, hal ini tidak jauh dari hasil di level nasional,” kata Airlangga Pribadi dalam diskusi di Hotel Wyndam Surabaya, Senin (17/12/2018).

Dari situ, kata Airlangga, suara Pilpres di Jatim bisa menjadi penentu dari suara tingkat nasional.

Menurut Airlangga, Pilpres 2019 akan menunjukkan hampir serupa. Jadi kemenangan Pilpres di Jatim menentukan dalam kemenangan Pilpres secara nasional masih bisa terjadi.

Airlangga juga menyebut bahwa menurut hasil surveinya, daerah Madura masih belum bisa ditaklukkan penuh oleh Jokowi. Suara responden yang ragu-ragu dalam menentukan pilihan masih sekitar 35 persen.

“Madura menjadi daerah yang masih mungkin butuh diintervensi oleh tim Jokowi-Ma’ruf karena suara Jokowi belum dominan di daerah tersebut,” katanya. (bid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs