Minggu, 19 Mei 2024

Jokowi Menyebut Peresmian Proyek Infrastruktur Bagian Strategi Memenangkan Pemilu 2019

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memberikan sambutan dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Selasa (27/11/2018), di Jakarta Convention Center. Foto: Antara

Joko Widodo Presiden secara terbuka mengatakan kalau peresmian sejumlah proyek infrastruktur yang dilakukannya selama empat tahun terakhir, bagian dari strategi memenangkan Pemilu 2019.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Selasa (27/11/2018), siang hari ini, di Jakarta Convention Center.

Selain ada sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara, acara tersebut juga dihadiri Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia, dan Boediono mantan Gubernur Bank Indonesia yang juga pernah menjabat wakil presiden.

Dalam sambutannya, Jokowi bercerita tentang permintaannya kepada kontraktor Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, untuk menyelesaikan ruas Bakauheni-Palembang sekitar April 2018.

Selain supaya bisa dipakai masyarakat yang mudik lebaran, capaian pemerintah dalam pembangunan infrastruktur juga berdampak positif jelang Pemilu Legislatif dan Presiden, 17 April 2019.

“Saya minta yang dari Bakauheni ke Palembang selesai April 2019. Bukan untuk apa-apa, tapi supaya bisa dipakai lebaran, juga termasuk untuk Pemilu. Kita blak-blakan saja, kalau memang selesai saya resmikan, kalau tidak ya terpaksa peresmiannya mundur,” ucap Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Sekadar diketahui, sejumlah proyek pembangunan infrastruktur sudah dalam tahap penyelesaian dan akan diresmikan dalam waktu dekat. Salah satunya, Proyek Jalan Tol Trans Jawa.

Rencananya, Presiden akan meresmikan ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya, awal Desember 2018.

Sementara, ruas Merak sampai Banyuwangi, Presiden menyebut kemungkinan baru bisa tersambung dan diresmikan akhir tahun depan.

Kemudian, Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 km juga akan diresmikan Desember mendatang.

Presiden juga menyebut proyek Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara, dan Makassar New Port di Sulawesi Selatan, targetnya selesai Januari 2019.

Selain itu, Jokowi berharap pembangunan landas pacu atau runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bisa selesai pertengahan tahun depan. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs