Jumat, 29 Mei 2020

Banyak Tokoh Daerah Layak Jadi Pemimpin Nasional

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Prof. Dr. Hermanto Siregar, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) menilai banyak tokoh di daerah yang sebenarnya layak untuk menjadi calon alternatif dalam bursa pemilihan presiden dalam pemilu kali ini.

Salah satu contohnya adalah adanya beberapa kepala daerah yang dinilai berhasil membangun daerahnya. “Seperti Pakde Karwo (Soekarwo, Gubernur Jawa Timur), saya menilai orang ini bisa membantu kebuntuan mencari tokoh yang layak memimpin negeri ini,” kata Hermanto Siregar, seperti dikutip Antara.

Pernyataan Hermanto ini diungkapkan usai menghadiri kuliah umum yang menghadirkan Pakde Karwo di IPB. Dalam kuliah tersebut, Pakde Karwo didaulat untuk menjadi pembicara tunggal dengan tema “Peran Pemprov Jatim dalam Memperkuat Sektor Pertanian dan Pengelolaan Sumberdaya Alam”.

Mantan dosen pembimbing Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden ini mencontohkan Jawa Timur saat ini sukses mengembangkan potensi rakyatnya dengan peningkatan produksi pertanian.

Keberhasilan petani Jawa Timur, kata dia, tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Jawa Timur, melainkan juga mampu mempertahankan ketahanan pangan secara nasional.

Tak hanya itu, pembuatan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) di Jawa Timur juga melibatkan sejumlah provinsi lain sehingga bisa saling menjaga dan menguatkan proses pembangunan di Indonesia. “Saya kira langkah Jawa Timur ini harus diapresiasi dan ditiru semua daerah,” kata dia.

Sementara itu, dalam kuliah umum tersebut, Primaghandhi, Wakil Sekjen PB HMI yang hadir juga langsung minta Pakde Karwo untuk bersedia mencalonkan diri dalam bursa pilpres kali ini.

“Sebagai mahasiswa kami ingin tahu, apakah Pakde Karwo punya keberanian untuk menjadi pemimpin nasional,” kata Primaghandhi.

Sayang hingga saat ini, Pakde Karwo mengaku masih belum memikirkan wacana itu. Sebagai salah satu kader partai, Pakde Karwo mengaku hanya akan mengikuti perintah dari Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Demokrat. (ant/fik)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Widya Qhodarum M.S

Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Jumat, 29 Mei 2020
27o
Kurs