Kamis, 25 April 2024

Berikut Tips Merawat Kulit Saat Musim Kemarau

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara.

Meskipun puncak musim kemarau telah usai sejak Agustus lalu, tapi akhir-akhir ini cuaca masih saja panas. Panasnya suhu udara yang bisa mencapai 34 derajat celcius, tentu tidak baik untuk kesehatan kulit.

Berikut tips agar kulit tetap terawat saat musim kemarau.

Gunakan Sunscreen


Ilustrasi. Foto: beautynesia.id

Saat ini, sunscreen atau tabir surya dapat dengan mudah kita dapatkan. Dengan berbagai varian perlindungan SPF, kita dapat membelinya di minimarket, toko kecantikan, bahkan apotik (untuk produk tertentu).

Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari kontak dengan sinar matahari secara langsung, terutama dari radiasi UVA dan UVB. Paparan yang terlalu tinggi terhadap kedua sinar tersebut dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Itulah mengapa, demi kesehatan kulit, sunscreen penting untuk kita aplikasikan di kulit. Apalagi sekarang ini banyak sunblock atau sunscreen yang dilengkapi dengan kandungan tanmbahan untuk perawatan kulit.

Hindari Kegiatan di Luar Ruangan


Ilustrasi. Foto: noos.co.id.

Menghindari bukan berarti tidak berkegiatan di luar ruangan sama sekali loh ya.

Ketika kita melakukan kegiatan di luar ruangan, otomatis kulit tubuh kita dapat dengan mudah terpapar sinar matahari. Terpapar sinar matahari, berarti kulit kita juga terpapar radiasi sinar matahari.

Dengan meminimalisir kegiatan di luar ruangan kita juga meminimalisir paparan sinar matahari terhadap kulit kita.

Gunakan Pelembab


Ilustrasi. Foto: jaco.co.id

Rajin mengaplikasikan pelembab juga penting saat musim kemarau seperti sekarang ini. Paparan sinar matahari akan membuat kulit kita kering dan terbakar. Mengaplikasikan pelembab sebelum melakukan aktivitas sangat penting untu mencegah kulit kita kering. Sehingga saat beraktifitas, kulit kita tetap terhidrasi dan tidak rusak.
Saat ini banyak sekali varian krim pelembab yang dilengkapi dengan sunscreen dan nutrisi kulit.

Banyak Minum Air


Ilustrasi. Foto: idntimes.com

Yang terpenting, banyak minum air putih. Tarnyata kesehatan kulit kita bukan hanya bergantung pada perawatan apa saja yang kita lakukan, tetapi dari dalam, asupan nutrisi serta minum yang cukup juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Di cuaca yang panas ini, denga mengkonsumsi air yang cukup, maka kelembapan kulit kita akan terjaga. (dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs