Jumat, 26 April 2024

Kapal Besar Tidak Boleh Bersandar di Dermaga Wisata Raja Ampat

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Raja Ampat, destinasi wisata di Provinsi Papua Barat. Foto: coffeewithasliceoflife.com

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, melarang kapal penumpang maupun kapal wisata yang berbadan besar bersandar di dermaga Kampung Wisata Arborek.

Yohanes B Rahawarin Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat pada Kamis (22/11/2018) mengatakan larangan tersebut mengingat dermaga Kampung Arborek sangat dangkal. Kapal Besar yang bersandar akan merusak terumbu karang dan biota bawah laut di sekitarnya.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat sudah ada kapal berbadan besar yang sandar di dermaga tersebut sehingga berbagai jenis ikan yang menjadi tontonan masyarakat setempat dari atas dermaga mulai berkurang karena aktivitas kapal besar.

Karena itu, pihaknya sedang membuat regulasi berupa peraturan daerah untuk mengatur alur pelayaran di kawasan konservasi tersebut agar terumbu karang dan biota laut tetap aman.

Menurut dia, regulasi yang sedang disusun akan mengatur jenis kapal apa saja yang dapat sandar di dermaga Kampung Arborek yang merupakan salah satu “spot diving” dan “snorkeling” terindah di Raja Ampat.

Akan diatur pula kawasan mana yang dapat digunakan oleh kapal pesiar wisata melabuhkan jangkar guna melakukan aktivitas menyelam maupun “snorkeling” di Kampung Arborek.

Regulasi ini ditargetkan sebelum Desember sudah tuntas agar disosialisasikan kepada seluruh “stakeholder” pariwisata yang ada di Kabupaten Raja Ampat.

Ia menyebut, tujuan aturan ini bukan untuk membatasi wisatawan tetapi untuk mengatur aktivitas di kawasan konservasi serta mengurangi kerusakan terumbu karang guna menunjang pariwisata berkelanjutan bagi anak cucu di masa yang akan datang.

“Jika aktivitas wisata terutama kapal-kapal wisata di Raja Ampat tidak diatur dengan baik, maka ke depan alam daerah yang disebut surga kecil itu akan rusak dan tinggal cerita,” ujar Yohanes. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs