Kamis, 2 Mei 2024

Ketahui Ciri-Cirinya, Kapan Harus Periksa saat Batuk Berkepanjangan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Flickr

Musim hujan tubuh rentan diserang penyakit, salah satunya batuk. Namun Anda harus tahu, kapan hanya menggunakan obat yang dijual bebas, dan kapan harus periksa ke rumah sakit.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa sebagian besar pasien mengharapkan batuk paling lama berlangsung tujuh hingga sembilan hari. Para peneliti mencatat bagaimana hal ini dapat meningkatkan risiko penggunaan antibiotik yang tidak perlu.

“Jika batuk Anda telah melewati batas 18 hari, mungkin sudah saatnya mengunjungi dokter,” ujar Benjamin Kaplan, M.D., dokter penyakit dalam di Orlando Health, seperti yang dilansir Antara dari medical daily, Kamis (17/12/2018).

Batuk kronis, didefinisikan dengan durasi batuk setidaknya enam hingga delapan minggu, merupakan indikator masalah medis yang mendasarinya. Namun, sementara durasi adalah salah satu faktor, dimana Anda harus mencatat gejala yang menyertainya yang dapat memberitahukan Anda ketika terjadi sesuatu.

Penyakit refluks gastroesofagus, misalnya, juga dapat menyebabkan batuk yang menetap tanpa sensasi perih pada dada. Anda mungkin memiliki alasan untuk mencurigai hal ini, jika Anda memiliki bau mulut dan rasa asam di mulut.

Selain itu, Dr. Kenneth Patton dari Rumah Sakit Bethesda North di Cincinnati baru-baru ini mencatat peningkatan kasus infeksi pernapasan yang buruk. Biasanya, dahak yang bertahan lama (yang bertahan bahkan setelah infeksi) adalah penyebab batuk.

Jika Anda seorang perokok Anda harus menyadari bahwa asap tembakau dapat memperpanjang batuk. Ada juga kemungkinan kanker paru-paru jika batuk disertai dengan nyeri dada, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau dahak berdarah. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, Anda harus mengunjungi dokter sesegera mungkin untuk memastikan deteksi dini.

Intinya adalah bahwa Anda tidak perlu khawatir hanya karena batuk Anda telah berlangsung lebih dari sepuluh hari. Temui dokter jika Anda merasa batuk semakin memburuk atau tidak menanggapi obat yang dijual bebas dan pengobatan rumahan. Serta awasi gejala-gejala yang menyertainya karena dapat membantu dokter membuat diagnosis yang tepat. (ant/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
28o
Kurs