Sabtu, 4 Mei 2024

Ponsel Ganggu Hubungan Orangtua dan Anak

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Anak bermain ponsel. Foto: Lookout

Setelah sejumlah penelitian memaparkan dampak orangtua menggunakan ponsel di sekitar anak, para ahli menyarankan orangtua untuk sepenuhnya menyingkirkan ponsel mereka saat berdekatan dengan anak mereka.

Anak-anak kecil akan merajuk dan merengek jika orangtua selalu menatap ponsel di hadapan mereka. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa suasana hati anak semakin memburuk, saat orangtua sering beralih ke perangkat elektronik mereka, menurut laporan dpa, yang dikutip Antara, Senin (29/10/2018).

Penelitian melibatkan 172 keluarga dengan anak-anak di bawah usia 5 tahun yang kerapkali, menurut majalah Jerman Psychologie Heute (Pyschology Today).

Para peneliti menduga bahwa menggunakan ponsel dan berpaling dari anak yang menangis menghibur orangtua. Namun di saat bersamaan, mereka kehilangan kesempatan untuk bersentuhan dengan anak.

Orangtua yang membiarkan diri mereka terganggu dengan ponsel menyampaikan perasaan anak-anak mereka yang sentuhan dan perhatiannya dikendalikan oleh perangkat. Dengan demikian, perhatian untuk anak tidak tidak dapat diprediksi. Mungkin orangtua hadir secara fisik, namun hanya kadang-kadang hadir secara emosional.

Satu-satunya hal yang dapat menolong? Singkirkan peralatan elektronik saat Anda bersama anak Anda. (ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs