Sabtu, 27 April 2024

Pentas Seni Siswa Singapore National Academy Peringati India Independence Day

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anak-anak mengenakan pakaian tradisional India di peringatan Hari Kemerdekaan India di SNA. Foto: Totok suarasurabaya.net

Siswa-siswi Singapore National Academy (SNA), Kamis (15/8/2019) gelar pentas seni bernuansa India memperingati Hari Kemerdekaan India.

Menampilkan tari-tarian, nyanyi serta deklamasi, para siswa-siswi Singapore National Academy (SNA) tampil di indoor hall sekolah yang berada di kawasan Pepelegi, Waru Sidoarjo, disaksikan teman sekelas, serta orang tua masing-masing siswa.

Sweta Jain Sewak pengajar SMA (high school teacher) SNA menyampaikan bahwa jumlah siswa India di SNA jumlahnya memang terbanyak, yakni sekitar 5 persen dari jumlah total seluruh siswa yang ada.

“Jumlah siswa India mulai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas di SNA memang yang terbanyak. Tetapi kegiatan hari ini adalah untuk memperingati hari kemerdekaan India yang diperingati setiap 15 Agustus. Siswa diajak mengenal dan memahami tentang makna peringatan tersebut sejak usia dini,” terang Sweta.

Mengenakan pakaian tradisional perempuan India, Sweta manambahkan bahwa pada kegiatan hari Kamis (15/8/2019) kali ini siswa diajak menyanyikan lagu-lagu patriotik sebagai bagian kecintaan pada tanah air.

“Kami para pengajar bersama dengan orang tua siswa tampil menyanyikan lagu-lagu patriotik untuk membangun semangat cinta tanah air. Anak-anak tadi juga ikut menyanyikan lagu-lagu patriotik itu, selain di awal kami semua menyanyikan lagu kebangsaan India,” tambah Sweta.

Beberapa siswa taman kanak-kanak bernyanyi dalam bahasa India kemudian pada bagian akhir penampilan mereka di atas panggung kemudian mengibarkan bendera kecil yang ada di tangan mereka.

Sementara siswa lainnya mengenakan pakaian tradisional India melantunkan bait-bait deklamasi sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan India. Kegiatan yang seluruhnya dipersiapkan oleh para guru bekerjasama dengan para orang tua siswa ini mengundang seluruh siswa SNA.

Ditambahkan Vaibhavi Namdeo pengajar agama Hindu bahwa tidak lupa pada kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan India ini siswa diajak melantunkan puji-pujian sesuai ajaran dalam agama Hindu.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs