Jumat, 1 Juli 2022

Festival Dalang Virtual Gugah Milenial Cintai Wayang Kulit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyerahan penghargaan pada juara Festival Dalang Bocah dan Remaja Virtual 2020. Foto: dari Youtube TBJT

Ajak milenial tidak lupa warisan budaya adi luhung, Festival Dalang Wayang Kulit Virtual digelar menggugah milenial kenali Wayang kulit.

Festival Dalang Bocah dan Dalang Muda Virtual 2020 tingkat nasional ditegaskan Kondang Sutrisno SE, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) merupakan sarana atau wadah ekspresi sekaligus apresiasi bagi anak muda di bidang seni pewayangan.

“Terus giat berlatih agar masyarakat sendiri yang memberikan penilaian bagaimana penampilan para dalang muda ini. Ini satu diantara program andalan, dan patut disyukuri karena di masa pandemi masih tetap bisa dilaksanakan,” terang Kondang Sutrisno.

Ditambahkan Sinarto Kadisbudpar Provinsi Jatim, anak-anak yang memilih menekuni bidang seni, seperti wayang kulit harus didukung.

“Mari kita berikan dukungan pada anak-anak yang masih memilih seni budaya tradisi seperti wayang kulit ini. Kami berharap kedepan anak-anak punya kesempatan luas di bidang seni budaya, ” ujar Sinarto.

Tahun ini Jawa Timur berada di posisi ke dua Festival Dalang Bocah dan Remaja Virtual 2020, tingkat nasional setelah Provinsi Jawa Barat. Namun demikian ditegaskan Sinarto bahwa kedepan akan dilakukan persiapan lebih matang.

Sementara itu, ditambahkan Agus Rahmajanto kepala UPT TBJT Jawa Timur bahwa festival semacam ini memberikan ruang bagi anak-anak untuk lebih mengenali wayang.

“Festival semacam ini memberikan ruang ekspresi bagi milenial mengenali seni tradisi. Dengan teknologi yang ada saat ini, penontonnya bisa lebih luas. Ini sangat penting, agar milenial mengenali wayang,” pungkas Agus Rahmajanto, Kamis (10/12/2020).(tok)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 2 Juli 2022
28o
Kurs