Jumat, 29 Maret 2024

Sembilan Wisata Alam Inspirasi Tujuan Liburan di Kota Malang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rumah pohon yang jadi daya tarik tempat wisata Omah Kayu. Foto: Tiket.com

Berlibur menikmati udara segar di alam terbuka menjadi salah satu cara mengusir penat akibat berdiam diri di rumah selama beberapa bulan belakangan. Bila Anda berencana liburan ke Kota Malang, simak sembilan pesona alam yang bisa menjadi inspirasi tujuan berwisata, dikutip Antara dari siaran resmi Tiket.com, Senin (19/10/2020).

1. Omah Kayu
Rumah pohon yang jadi daya tarik tempat wisata Omah Kayu tepat untuk dikunjungi bila Anda ingin melihat pemandangan indah pegunungan di sana. Selain menikmati pemandangan mempesona dan udara yang sejuk, Anda bisa mengabadikan momen dan latar belakang menarik menggunakan kamera.

Omah Kayu berlokasi di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur dengan harga tiket Rp10.000 pada hari kerja dan Rp15.000 pada akhir pekan dan hari libur.

2. Taman Langit Gunung Banyak
Tempat wisata ini akan membuat pengunjung serasa berada di negeri dongeng. Selain punya pemandangan indah dan udara yang segar, Taman Langit Gunung Banyak punya gerbang berbentuk malaikat dari akar pepohonan hingga patung peri dari kayu rotan. Anda juga bisa menginap di penginapan yang ada di area sekitarnya.

Taman Langit Gunung Banyak terletak di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari.

3. Coban Putri
Air terjun menjadi salah satu pesona dari kota Malang. “Coban” adalah istilah air terjun di Malang. Coban Putri konon pernah jadi tempat pemandian Putri Ken Dedes dari kerajaan Singasari, alasan mengapa namanya Coban Putri.

Air terjun di Coban Putri bertingkat-tingkat, memberikan pengalaman menyenangkan untuk mata dan telinga yang dimanjakan pemandangan indah serta gemuruh air pegunungan yang deras dan jernih. Jangan lupa membawa baju ganti bila ingin bermain air.

Coban Putri terletak di Tlekung, Junrejo, Batu, Jawa Timur.

4. Coban Rais
Selain Coban Putri, Anda bisa mampir ke Coban Rais yang menyuguhkan pemandangan air terjun setinggi 20 meter di lereng gunung Panderman.

Air terjun ini bisa didatangi dengan melewati jalan setapak sejauh tujuh kilometer. Pemandangan hutan belantara bisa membuat rasa lelah menghilang. Ada beberapa objek wisata lain di sekitar Coban Rais, seperti Rumah Hobbit, Bukit Bulu dan Batu Flower Garden

Coban Rais terletak di Jalur Lingkar Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Batu, Malang.

5. Goa Pinus
Rasa damai akan terasa di Goa Pinus yang memiliki deretan pohon pinus, memanjakan mata pengunjung.

Nama Goa Pinus diambil dari gua kecil di sekeliling hutan pinus yang dulunya jadi lahan penambangan pasir. Gua setinggi satu meter dengan kedalaman lima meter jadi ikon tempat wisata.

Goa Pinus terletak di Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

6. Mata Air Sumber Sirah
Berendam sambil menikmati udara sejuk pegunungan bisa dilakukan di wisata Mata Air Sumber Sirah, Malang. Mata air yang berasal dari pegunungan punya kedalaman berbeda, mulai dari 80 cm hingga 1,5 meter sehingga bisa dinikmati juga oleh anak-anak.

Mata Air Sumber Sirah berada di Jl. Sunan Kalijaga I, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang.

7. Pantai Tiga Warna
Malang tak cuma punya alam pegunungan yang asri, tapi juga garis pantai dengan keindahan yang memukau. Salah satunya, Pantai Tiga Warna. Gradasi warna air laut menjadi alasan penamaan pantai ini. Kombinasi warna biru tua, biru kehijauan hingga putih kemerahan jadi daya tarik pengunjung.

Anda bisa menikmati matahari terbenam, snorkeling sampai main ke Clungup Mangrove Conservation.

8. Coban Talun
Air terjun hingga kebun bunga yang cantik bisa ditemui di Coban Talun. Butuh sedikit perjuangan untuk tiba di air terjun dengan ketinggai 75 meter ini, tapi pemandangan yang dilewati sepadan dengan usahanya. Anda akan ditemani dengan kicauan burung serta udara segar yang membuat tubuh lebih bersemangat untuk bergerak.

Anda juga bisa bermalam di penginapan yang unik, terinspirasi dari sangkar burung merpati alias pagupon.

9. Coban Rondo
Air terjun setinggi 84 meter ini jadi salah satu pilihan tempat wisata di Malang. Ada berbagai aktivitas menantang adrenalin, seperti river tubung. Di sekitar Coban Rondo, Anda bisa mampir ke labirin raksasa yang seru untuk dijelajahi.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs