Sabtu, 27 April 2024

Tetap Aman Berada di Ruang Publik Meski di Tengah Pandemi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Nuansa gunung dan alam hadir di Ketintang. Foto: Anton suarasurabaya.net

Pakar kesehatan menyarankan Anda tetap berada di rumah di masa liburan Natal dan Tahun Baru saat ini ketimbang berada di ruang publik yang rawan keramaian karena berpotensi terjadi penularan Covid-19.

“Sebaiknya semua kalangan usia berlibur di rumah saja. Terlebih mereka yang rawan tertular Covid-19 yaitu anak-anak, ibu hamil, lansia, dan orang-orang dengan riwayat penyakit (komorbid), seperti diabetes melitus, autoimun seperti lupus/SLE, penyakit ginjal, penyakit jantung, hipertensi, tuberculosis, asma, tumor/kanker/keganasan,” kata Rose Vita Sari dokter spesialis penyakit dalam di RS Mitra Keluarga Gading Serpong, dalam siaran persnya yang dikutip Antara, Minggu (27/12/2020).

Tetapi, jika Anda harus melakukan perjalanan luar kota, Rose menyarankan agar mempertimbangkan beberapa hal, antara lain memilih tujuan wisata yang tidak termasuk dalam zona merah dan gunakan mobil pribadi.

Jika menggunakan kendaraan umum, pastikan pemesanan tiket dilakukan secara online guna menghindari antrian panjang.

Selain itu, jangan lupa mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan serta selalu membawa hand sanitizer.

Jika harus singgah ke suatu lokasi, pastikan tetap menggunakan masker dan akan lebih baik jika ditambah dengan face shield demi keamanan kesehatan Anda dan keluarga.

Rose juga menyarankan untuk memilih tempat menginap yang menerapkan prinsip CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability.

Dari segi kesehatan, Rose menyarankan agar memperhatikan daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B, C, D, E, dan Zinc. Demikian juga soal asupan, jangan sampai karena berlibur melupakan pentingnya nutrisi dan kebersihan makanan.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs