Jumat, 19 April 2024

Bambang Sunarwibowo: Patuhi Prokes Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Komjen Pol Bambang Sunarwibowo Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN). Foto: Antara

Komjen Pol Bambang Sunarwibowo Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN) meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Klaster-klaster baru penularan Covid-19 harus dihindari dengan mematuhi protokol kesehatan khususnya di masa libur akhir tahun ini meski, libur akhir tahun ini telah dipangkas oleh pemerintah.

“Libur akhir tahun ini sudah dipangkas oleh pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Artinya, masyarakat juga terap harus patuh dengan protokol kesehatan meski libur akhir tahun ini dipangkas,” kata Komjen Pol Bambang Sunarwibowo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, BIN telah mendeteksi dini adanya ancaman klaster-klaster baru penularan Covid-19 yang perlu diantisipasi pada libur akhir tahun, seperti klaster tempat wisata hingga klaster keluarga.

Jenderal bintang tiga itu berkaca pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad ketika lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi berdasarkan catatan dari Satgas Covid-19.

“Klaster-klaster tempat wisata, klaster di transportasi, klaster keluarga itu harus menjadi perhatian khusus. Jaga diri dan jaga keluarga kalian,” ucapnya seperti yang dilansir Antara.

Lebih lanjut, Bambang meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker) sehingga masyarakat yang menikmati libur akhir tahun tetap aman dari penularan Covid-19.

“Kunci utama adalah terapkan 3M. Meski liburan tapi tetap harus aman, harus menjaga diri. Inilah cara kita untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs