Selasa, 29 November 2022

Pelukis dan Jurnalis Meriahkan Mir4culous Trust

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sinarto S. Kar., M.M., Kadisbudpar Jawa Timur (kiri) bersama Ainur Rohim Ketua PWI melihat satu di antara karya yang dipamerkan, Selasa (16/3/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah pelukis bersama jurnalis dari berbagai kota di Pulau Jawa, di antaranya Surabaya, Jakarta dan Yogjakarta menghadirkan karya lukis dengan berbagai obyek dan tema serta medium dalam sebuah pameran bertajuk Mir4culous Trust.

Para pelukis dari berbagai kota tersebut di masa pandemi Covid-19 ini nyaris tidak punya kesempatan untuk menggelar karya-karyanya dalam kemasan pameran seperti saat sebelum terjadinya pandemi. Semua kehilangan ruang untuk memamerkan ide dan kreativitasnya dalam karya.

“Tema kali ini dimaknai sebagai kepercayaan terhadap keajaiban. Di masa pandemi ini, semua profesi mengalami kendalanya masing-masing. Tetapi tetap ada rasa percaya diri bahwa pandemi akan berakhir dan kehidupan kembali normal seperti sebelum masa-masa pandemi yang penuh dengan berbagai batasan-batasan baru yang sangat membatasi aktivitas,” terang Pramudito Koordinator pameran Mir4culous Trust, Selasa (16/3/2021).

Beberapa jurnalis dari Surabaya yang mengikuti pameran ini di antaranya adalah M. Anis yang juga inisiator dan Direktur Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI), serta Dodo Hawe redaktur foto koran pagi Surya. Keduanya selain memang berprofesi sebagai jurnalis, di luar aktivitasnya sehari-hari rajin menghasilkan karya lukis dengan berbagai tema.

Saat pembukaan pameran yang digelar di Surabaya Suites Hotel, Ainur Rohim Ketua Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur menyampaikan, memang tidak banyak jurnalis yang punya keterampilan melukis. Dan kesempatan seperti ini menjadi sarana untuk menunjukkan keterampilan itu sekaligus bertemu dengan sesama pelukis.

“Tidak banyak jurnalis yang secara spesifik punya keterampilan melukis. Ini memang jarang. Saya percaya bahwa mereka yang punya keterampilan mengolah rasa seperti ini, sepertinya juga punya kelebihan dalam membuat tulisan atau menggali informasi sebagai bagian dari profesi jurnalis atau wartawan. Ini luar biasa,” ujar Ainur Rohim.

Didampingi Sinarto S.Kar., M.M., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur, Ainur Rohim berharap kegiatan semacam ini bisa lebih ditingkatkan menjadi sebuah pameran virtual. Mengingat hingga saat ini pandemi Covid-19 juga masih belum usai.

“Mudah-mudahan nanti, juga akan hadir pameran secara virtual yang menghadirkan karya-karya para pelukis dan jurnalis. Mengingat pandemi masih terjadi. Bisa jadi, digelar juga pameran reguler dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, tetpai sekaligus juga digelar pameran virtual. Tentunya ini sangat menarik,” pungkas Sinarto.

Sementara itu, pameran lukisan Mir4culous Trust di Surabaya Suites Hotel kali ini dijadwalkan bakal digelar hingga 3 April 2021 dengan beberapa kegiatan seni yang digelar di arena atau lokasi pameran.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Selasa, 29 November 2022
32o
Kurs