Selasa, 23 April 2024

Mengenal Oversharing, Saat Individu Berlebihan Memberi Informasi Pribadi di Ruang Publik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustasi oversharing di media sosial. Foto: Pixabay

Memasuki Society 5.0, masyarakat dihadapkan dengan berbagai tantangan baru yang berkaitan dengan teknologi. Salah satunya yang saat ini telah terlihat yaitu adanya individu hingga publik figur yang dengan mudahnya mengumbar aib diri sendiri kepada publik di media sosial.

Berkaitan dengan hal itu, Tiara Diah Sosialita dosen Psikologi Universitas Airlangga (Unair) memberikan sejumlah penjelasan. Menurut Tiara, hal pertama yang perlu dilakukan terkait ini yaitu mencari tahu alasan seseorang mengumbar aib diri sendiri kepada publik.

“Jika hal ini (orang mengumbar aib sendiri kepada publik) dilakukan untuk mengambil simpati atau memanipulasi, termasuk fenomena oversharing,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Senin (26/12/2022).

Tiara menjelaskan bahwa oversharing adalah ketika seseorang tidak bisa membatasi diri sendiri dalam membagikan informasi pribadinya kepada publik. Informasi peribadi tersebut dapat berupa pencapaian, kekayaan, kesedihan, bahkan aib. Oversharing sendiri bisa dilakukan secara daring maupun luring.

“Meskipun oversharing sudah menjadi hal yang dianggap wajar di masyarakat, tetapi hal ini perlu mendapat perhatian khusus. Dikarenakan ada konsekuensi yang besar dari oversharing itu sendiri,” jelas Tiara.

Tiara memaparkan bahwa oversharing sebenarnya ada beberapa jenis. Pertama yaitu oversharing terkait detail informasi pribadi misalnya foto, dokumen, hingga lokasi terkini. Kedua yaitu oversharing terkait emosi termasuk aib diri sendiri.

Sementara terkait motif, ia menyebut ada berbagai macam hal yang melatarbelakangi individu itu melakukannya.

Motif tersebut misalnya memiliki trauma seperti diabaikan orang tua, perundungan, hingga tidak pernah diapresiasi. Selain itu, gangguan kecemasan dan kesepian juga bisa menimbulkan oversharing.

Kemudian untuk menanggulangi oversharing, Tiara menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan khususnya di media sosial yaitu dengan menjadi orang yang tidak reaktif dan berfikir sebelum bertindak.

Kedua, orang-orang yang impulsif diharapkan dapat menghindari media sosial ketika sedang dalam emosi negatif.

Ketiga, seseorang perlu menyelesaikan masalah dalam diri sendiri yang menjadi motif oversharing. Keempat yaitu dengan membuat interaksi luring dan me time.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs