Minggu, 16 Juni 2024

Arda Naff Sebut Perkembangan Teknologi Memicu Musisi Semakin Produktif

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hatna Danarda vokalis band Naff saat menghibur para penonton Jazz Traffic Festival 2019. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Hatna Danarda vokalis grup Band Naff menyebut kreativitas musisi pada era perkembangan teknologi saat ini sangat pesat.

Dia mencontohkan dari segi pembuatan dan pendistribusian materi, musisi jauh lebih mandiri daripada era-era sebelumnya.

“Musisi sekarang jauh tumbuh lebih pinter, lebih peka banget untuk bikin materi sendiri, masarin sendiri, dan akhirnya mereka nyiptain habbit yang baru untuk musik Indonesia,” ujar Arda sapaan akrabnya kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (9/3/2023) dalam peringatan Hari Musik Nasional.

Produktivitas musisi jaman saat ini, menurutnya memang tidak lepas dari digitalisasi yang menyentuh industri musik. Ardan membandingkan proses rekaman/produksi lagu yang pada era-era sebelumnya harus dilakukan di sebuah studio, sekarang bisa dilakukan di rumah sendiri.

“Mereka (musisi muda) memang bener-bener manfaatin teknologi. Kalau dulu rekaman di studio, sekarang di kamar pake aplikasi bisa. Terus dilempar ke Youtube atau platform digital lain. Itu justru yang sekarang banyak dicontoh musisi senior,” ungkapnya.

Arda menjelaskan kalau pada era saat ini, musisi juga banyak yang menjadi Content Creator. Sehingga, musisi juga bisa lebih bercerita dan memperkenalkan karyanya bukan hanya dari media seperti radio atau majalah saja, namun juga di media sosial.

Apalagi dengan Pandemi Covid-19 yang terjadi tiga tahun silam, pola produksi dan distribusi lagu secara digital justru berkembang semakin pesat.”Termasuk juga Naff akhirnya rilis album di masa Pandemi,” candanya.

Vokalis Naff itu menjelaskan kalau dampak yang dia rasakan setelah Pandemi mulai membaik dan banyak festival musik kembali digelar, antusias masyarakat untuk datang menonton sangat tinggi.

“Masyarakat sekarang malah justru terbiasa beli tiket berapapun harganya. Sekarang ga bicara soal banyak-banyakan penonton. Kalau dulu mindset harus 20-30 ribu penonton, sekarang dua ribu-tiga ribu aja udah seneng musisi-nya,” ungkap Arda.

Terakhir, Arda berharap dalam peringatan Hari Musik Nasional yang jatuh pada Kamis 9 Maret ini, musisi di seluruh Tanah Air bisa saling support. Bisa saling membantu dari tingkat daerah hingga nasional.

“Kita harus bersatu, saling support. Musisi harus saling endorse musisi lainnya, jadi bisa saling tumbuh bareng,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs