Rabu, 26 Juni 2024

Gmail di Android dan IOS Sekarang Bisa Terjemahkan Email

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi aplikasi Gmail di iPhone

Aplikasi Gmail seluler menghadirkan fitur terjemah email untuk versi Android dan iOS untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan berbagai bahasa.

“Selama bertahun-tahun, pengguna kami mengandalkan fitur terjemahan Gmail untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Dengan pembaruan baru ini, kami membuatnya lebih mudah bagi orang untuk tetap terhubung, terlepas dari hambatan bahasa,” tulis Google dalam sebuah keterangan dilansir Antara, Kamis (10/8/2023).

Fitur ini sebelumnya hanya tersedia dalam versi web dan akan secara otomatis menerjemahkan sebuah email apabila tertulis dengan bahasa yang tidak dipilih oleh pengguna. Akan ada tawaran yang muncul di atas teks email untuk menerjemahkan email tersebut.

Contohnya, jika email tertulis dalam bahasa Korea sedangkan bahasa pilihan pengguna adalah bahasa Inggris, sebuah “spanduk” akan muncul yang bertuliskan “Terjemahkan ke Bahasa Inggris.” Pengguna kemudian bisa mengetuk “spanduk” itu untuk melihat terjemahan email.

Para pengguna juga dapat menutup “spanduk” yang muncul di bagian atas email atau tidak menerjemahkan email dari bahasa itu lagi lewat preferensi terjemahan di pengaturan aplikasi Gmail.

Jika aplikasi Gmail tidak menawarkan terjemahan karena alasan tertentu, pengguna dapat menerjemahkan email secara manual dengan mengetuk menu tiga titik di sudut kanan atas email dan memilih opsi “Terjemahkan”.

Fitur terjemahan di aplikasi Gmail kompatibel dengan total 100 bahasa. (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 26 Juni 2024
26o
Kurs