Selasa, 30 April 2024

TikTok dan Billboard Kolaborasi Buat Chart Lagu Top 50

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi logo aplikasi Tiktok. Foto: Reuters

TikTok dan Billboard berkolaborasi untuk meluncurkan TikTok Billboard Top 50 Chart resmi yang akan melacak lagu-lagu paling populer di aplikasi berbagi video singkat tersebut.

Melansir Antara, Minggu (17/9/2023), chart ini akan mengukur lagu-lagu paling populer di platform setiap minggu berdasarkan jumlah tayangan, keterlibatan pengguna, dan berapa banyak video yang dibuat dengan lagu tersebut.

Pengguna dapat melihat TikTok Top 50 Chart di aplikasi TikTok atau situs web Billboard. Chart ini akan diperbarui setiap hari Kamis, dengan TikTok dan Billboard hanya akan memantau lagu-lagu yang sedang tren di AS.

Saat ini, lagu SkeeYee dari Sexyy Red menduduki peringkat pertama di chart tersebut, dengan Paint The Town Red dari Doja Cat di posisi kedua, dan August dari Taylor Swift menempati posisi ketiga.

Chart baru ini menunjukkan dampak yang terus dimiliki oleh platform ini terhadap industri musik, membantu banyak artis pendatang baru menjadi sensasi viral, termasuk di antaranya Lil Nas X, Tai Verdes, Benee, dan Loren Gray.

TikTok juga meningkatkan popularitas lagu-lagu lama seperti Running Up That Hill dari Kate Bush.

Chart ini memberikan gambaran yang jelas tentang musik yang didengarkan di TikTok, dan akibatnya mulai tren di DSP dan layanan lainnya,” kata Ole Obermann Kepala Pengembangan Bisnis Musik Global di TikTok dalam sebuah pernyataan.

Sementara Techcrunch pada, Jumat (15/9/2023) lalu, mengabarkan kalau Billboard juga melacak lagu-lagu dari platform lain, seperti X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Chart ini disebut sebagai chart lagu yang sedang tren. Publikasi musik ini sebelumnya memiliki chart serupa untuk Myspace.(ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs