Minggu, 21 April 2024

Studi Ungkap Tren Tiktok Berjalan Tanpa Suara Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi orang sedang berjalan di tengah alam. Foto: Health

Tren baru TikTok mendorong orang untuk meletakkan headphone mereka dan berjalan-jalan-tanpa musik, podcast, atau panggilan telepon untuk menemani mereka.

Sementara kebanyakan orang mungkin mengantre hiburan audio favorit mereka untuk berjalan-jalan di luar, banyak yang menganggap “berjalan tanpa suara” sebagai pilihan yang memajukan kesehatan mental.

“Gagasan berjalan tanpa suara di alam terbuka sangat mengingatkan kita pada sebuah praktik dalam tradisi meditasi kesadaran, yaitu meditasi jalan kaki, atau meditasi jalan kaki,” ujar Rael Cahn profesor klinis di Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku, dan direktur Pusat Ilmu Pengetahuan Kesadaran di Fakultas Kedokteran Keck, USC dilansir Health, Sabtu (9/9/2023).

Menurut Cahn, penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan dengan penuh kesadaran di alam dapat memperbaiki gejala kecemasan dan depresi. Meluangkan waktu untuk fokus pada saat ini juga dapat menurunkan tekanan darah atau meningkatkan kualitas tidur.

“Dengan menggerakkan tubuh, melibatkan tubuh, ada keterlibatan alami dengan indera yang didorong oleh gerakan itu sendiri, bahkan jika Anda belum pernah belajar apa pun tentang meditasi atau kesadaran,” papar Cahn.

Ini berarti berjalan dengan bergantung pada indera. Orang mungkin memerhatikan angin sepoi-sepoi, matahari di wajah mereka, atau sensasi alami lainnya saat mereka berjalan.

Untuk merasakan manfaat dari perhatian penuh, terkadang orang harus menghindari hal-hal yang membawa mereka keluar dari momen saat ini, seperti podcast atau lamunan.

Tetapi hiburan audio bukanlah satu-satunya “obrolan” yang mungkin terlintas dalam pikiran seseorang.

“Apakah pikiran Anda terfokus pada saat ini? Atau apakah Anda terganggu-bukan oleh musik atau podcast, tetapi oleh kekhawatiran, perencanaan, dan pengorganisasian?” ujar Susan Evans profesor psikologi di bidang psikiatri klinis di Weill Cornell Medicine.

Meskipun bermanfaat, tidak semua orang bisa dengan mudah menerapkan ini, karena ada orang yang mengandalkan musik atau podcast untuk mengusir depresi atau pikiran-pikiran negatif di kepala mereka.

“Fakta bahwa hal ini telah menjadi bagian dari kebiasaan kita, multitasking, mungkin terasa sedikit tidak nyaman untuk benar-benar melambat dan hanya melakukan satu hal,” kata Evans.

Latihan berjalan dengan penuh kesadaran ini sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, selama orang yang melakukan bisa menjaga pikirannya tetap ada di momen itu. Bahkan, latihan ini bisa dilakukan di dalam rumah, seperti ruang tamu atau kamar tidur.

“Ketika pikiran datang, kekhawatiran, atau perencanaan atau pengorganisasian, hal-hal semacam ini-hal-hal alami yang kita lakukan ketika kita tidak fokus-maka ini adalah tentang berlatih, ini benar-benar sebuah latihan untuk menyadari ketika pikiran Anda melenceng, dan membawanya kembali ke momen saat ini,” jelasnya. (bnt/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
26o
Kurs