Minggu, 3 Maret 2024

X Rilis Fitur untuk Admin Komunitas Beri Pertanyaan pada Anggota Baru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tampilan fitur baru yang dirilis X untuk admin komunitas. Foto : Antara

X media sosial merilis fitur baru untuk administrator komunitas. Fitur ini memungkinkan sang admin mengajukan pertanyaan pada pengikut baru sebelum bergabung dengan grupnya.

Melansir dari Antara, fitur itu merupakan cara baru X untuk bisa menghubungkan penggunanya dengan komunitas agar lebih erat.

Dengan interaksi tersebut, pengguna dapat bergabung dalam suatu komunitas secara lebih tepat dan bisa memiliki minat maupun nilai yang lebih sesuai.

Fitur baru itu disebut sebagai fitur “gatekeeping” yang bisa dimanfaatkan oleh seorang admin dari komunitas yang bersifat tertutup atau private.

Dilihat dari pengumuman resmi X, fitur itu selain menanyakan alasan seseorang untuk bergabung dalam komunitasnya. Selain itu, fitur ini untuk mengesahkan posisi pengguna yang secara sadar mengisi pertanyaan dan ingin bergabung dengan komunitas terkait.

Meski baru bagi media sosial milik Elon Musk itu, sebenarnya ketentuan serupa juga pernah muncul di media sosial lainnya seperti Facebook dan hal ini serupa dengan platform komunikasi sosial seperti Facebook dan aplikasi besutan Tencent bernama QQ.

Hadirnya fitur ini jelas membantu pengelola sebuah komunitas untuk melakukan penyaringan awal untuk pengguna yang akan bergabung dengan grupnya.

Hal itu juga dapat mencegah spam dan membuat ekosistem komunitas menjadi lebih ramah bagi para anggotanya. (ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs