Minggu, 3 Maret 2024

Youtube Uji Coba Chatbot YouChat untuk Tanya-Jawab Seputar Video

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi logo YouTube. Foto: Freepik

YouTube sedang menguji coba chatbot baru yang didukung Artificial Intelligence (AI) agar dapat berkomunikasi dengan pengguna dan mereka dapat menyelami lebih dalam konten yang mereka tonton.

Dilansir dari Antara, alat percakapan baru bernama YouChat di YouTube akan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang video yang pengguna tonton, rekomendasi untuk konten terkait, dan lainnya tanpa mengganggu pemutaran.

“Fitur YouChat tersedia mulai Senin untuk sejumlah kecil orang dan pada sebagian video. Dalam beberapa minggu ke depan, video ini akan diluncurkan kepada pengguna YouTube Premium di Amerika Serikat pada perangkat Android,” tulis pengumuman dari YouTube.

Pengguna yang memiliki akses ke fitur chatbot eksperimental dapat mengakses alat tersebut dengan mengetuk tombol “Tanya” baru di bawah video YouTube yang dipilih, lalu mengajukan pertanyaan tentang video tersebut atau memilih perintah yang disarankan.

Juru bicara YouTube mengatakan alat percakapan tersebut tidak menggunakan chatbot Bard milik Google. Sebaliknya, fitur tersebut dihasilkan dari informasi YouTube dan laman website.

“(Fitur ini) dihasilkan oleh model bahasa besar yang memanfaatkan informasi dari platform YouTube dan web,” kata juru bicara YouTube.

Selain itu, YouTube juga meluncurkan fitur AI generatif eksperimental lainnya yang merangkum topik di bagian komentar besar untuk memberikan cara yang lebih mudah kepada pengguna dalam melihat dan mengikuti percakapan yang terjadi dalam video.

“Kami berharap fitur ini dapat membantu mereka (pembuat konten) mengetahui sekilas apa yang dibicarakan penonton mereka,” kata YouTube.

Pengujian tersebut dijalankan kepada sejumlah kecil video dalam bahasa Inggris yang memiliki bagian komentar besar. Untuk mengaksesnya, pengguna YouTube Premium dapat ikut serta dalam mencoba fitur ini di laman resmi YouTube.

Selama beberapa minggu dan bulan mendatang, YouTube akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pengguna bisa menggunakan fitur-fitur baru itu dan platform akan terus memperkenalkan lebih banyak pembaruan.

Fitur-fitur tersebut merupakan fitur tambahan dari serangkaian alat berbasis AI lainnya yang baru-baru ini diumumkan YouTube pada bulan September di acara “It’s Made on YouTube”.

Fitur ini termasuk fitur YouTube Create (aplikasi baru dengan fitur untuk mengotomatiskan pengeditan, efek, filter, dan transisi), Dream Screen (membuat latar belakang video dan gambar yang dihasilkan AI untuk mengatur adegan dinamis baru untuk YouTube Shorts), dan Aloud (alat sulih suara yang didukung AI).(ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
26o
Kurs