Rabu, 17 April 2024

Google Chrome Kemas Lebih Banyak Opsi Pencarian di Search Bar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Google Chrome. Foto : lifewire.com

Google lewat layanan pencariannya Chrome mengemas lebih banyak pilihan pencarian di “Search Bar” atau bilah pencariannya sebagai bagian dari peningkatan layanan mereka.

Pembaruan itu rasanya bisa membantu pengguna untuk lebih mudah menemukan hal atau informasi yang ingin didapatkannya.

Dalam laporan The Verge, Jumat (29/2/2024), salah satunya seperti Chrome kini akan menampilkan kueri yang disarankan berdasarkan penelusuran Anda sebelumnya, sebelum Anda mulai mengetik, dilansir Antara.

Contohnya, pengguna yang sebelumnya menelusuri hidangan mi asal Korea, yaitu japchae, maka Chrome akan menampilkan gambar masakan Korea serupa di samping kotak pencarian di bawah judul “Orang juga menelusuri.” Beberapa saran pencarian juga akan menyertakan gambar.

Sebenarnya hal itu bukan fitur yang sepenuhnya baru karena pada 2020 bilah saran “Orang juga menelusuri” sudah diuji.

Untuk fitur yang saat ini dimaksud ialah hadirnya tampilan visual yang lebih menggoda sehingga membantu pengguna dapat lebih mudah mencari apa yang diinginkannya.

Perubahan lainnya akan memengaruhi penelusuran belanja di aplikasi Chrome.

Pada aplikasi Android dan iOS, kotak pencarian akan menampilkan thumbnail gambar “kategori produk dan belanja yang lebih luas” daripada hanya menempel pada item tertentu dalam permintaan pencarian.

Dalam contoh Google lainnya, pengguna yang menelusuri “meja bohemian” juga akan melihat saran penelusuran terkait dan gambar muncul di kotak penelusuran, seperti “taplak meja bohemian”, dan lain-lain.

Saran pencarian bahkan akan muncul di Chrome ketika ponsel pengguna memiliki koneksi Wi-Fi yang buruk.

Hal itu dapat terjadi karena Google memberikan pembaruan yang menyesuaikan kemampuan pada perangkat untuk mesin pencari versi Android dan iOS.

Joshua Cruz Juru Bicara Google menjelaskan dengan lebih detail bahwa hal itu dapat dilakukan karena Chrome mengunduh “mode read-only” yang ringan sehingga nantinya saran pencarian bisa dapat berfungsi meski konektivitas pengguna buruk.

Di samping itu, fitur tersebut juga berlaku untuk pengguna yang melakukan pencarian dengan mode “Incognito” atau penyamaran.

“Chrome akan mengunduh model read-only yang ringan dan berisi saran pencarian paling populer untuk suatu pencarian dari server lokal Google. Model tersebut disimpan di direktori pengguna, sehingga Chrome tetap dapat menyajikan saran pencarian teratas ini kepada pengguna,” kata Cruz. (ant/azw/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
30o
Kurs