Minggu, 25 Februari 2024

Google Chrome Melakukan Sejumlah Pembaruan Jelang Ulang Tahun ke-15

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tampilan baru Google Chrome. Foto: Google

Google Chrome bakal mendapatkan sejumah pembaruan, mulai dari tampilan, hingga fitur-fitur keamanan baru menjelang ulang tahunnya yang ke-15.

Melansir Gadgets360 pada Sabtu (9/9/2023), dalam sebuah posting blog baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa Chrome akan mendapatkan desain ulang desktop dalam waktu dekat.

Pembaruan ini akan menghadirkan ikon-ikon yang lebih segar dengan tingkat keterbacaan yang lebih baik dan palet warna baru yang dapat disesuaikan dan tersinkronisasi dengan tab yang terbuka dan toolbar. Desain ulang ini mengambil referensi dari desain Material You.

Menurut Google, tema dan palet warna baru ini akan membantu pengguna membedakan antara profil dengan cepat. Selain itu, Google akan menambahkan menu yang lebih komprehensif yang menawarkan akses mudah ke ekstensi Chrome.

Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur pencarian baru yang akan membuat penjelajahan web menjadi lebih mudah bagi pengguna.

Pembaruan ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan pencarian terkait, mengakses sumber halaman, atau memulai pencarian lain melalui panel samping Google Penelusuran. Fitur ini dapat diakses dengan mengetuk menu tiga titik.

Pengguna bahkan dapat menyematkan panel samping Google Penelusuran di toolbar.

Chrome juga mendapatkan peningkatan keamanan penting yang akan memungkinkan browser untuk secara otomatis menandai halaman atau file yang tidak aman.

Hingga saat ini, Chrome biasa memeriksa setiap situs yang dikunjungi pengguna setiap 30-60 menit. Namun, dengan pembaruan keamanan yang baru, setiap halaman web akan diperiksa dan ditandai kepada pengguna secara real time untuk melindungi pengguna dari situs web berbahaya yang hanya ada dalam waktu singkat.

Google mengklaim bahwa perubahan ini akan meningkatkan perlindungan terhadap ancaman malware dan phishing sebesar 25 persen, dibandingkan dengan versi Safe Browsing sebelumnya. (bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
31o
Kurs