Jumat, 19 Juli 2024

Lima Pantai Indah dan Tersembunyi di Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Pemandangan tebing karang yang cantik dari Pantai Kesirat di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto:Shutterstock/Rahayu Susilo Rini/Kemenparekraf

Kawasan Gunungkidul sudah memiliki paket komplet. Kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki wisata alam, budaya, kuliner, kafe kekinian, hingga berbagai festival yang menjadi daya tarik wisata.

Ada sekitar 25 pantai yang sudah tercatat dan memiliki nama di kawasan Gunungkidul. Setiap pantai memiliki karakter dan daya tarik wisata tersendiri. Mengutip laman resmi Kemenparekraf RI, berikut ini 5 pantai indah yang masih jarang dikunjungi di kawasan Gunungkidul bisa dijadikan referensi wisata:

1. Pantai Kesirat

Jika mencari destinasi healing sambil menikmati sunset yang indah di Gunungkidul, maka Pantai Kesirat bisa menjadi tujuan utama. Berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul lainnya, pantai yang terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Panggang ini tidak memiliki pasir putih.

Daya tarik utama di Pantai Kesirat adalah pemandangan tebing karang nan cantik dan suara deburan cocok untuk melepas penat. Hamparan rerumputan hijau di atas tebing ini kerap menjadi lokasi kemah, sambil menikmati matahari terbenam yang indah.

2. Pantai Watunene

Layaknya surga tersembunyi, pantai yang berlokasi di Kapanewon Tepus, Gunungkidul ini cocok bagi wisatawan yang suka tantangan dan memacu adrenalin.

Masih tergolong pantai baru, untuk menuju ke pasir putih nan lembut di Pantai Watunene kita harus menggunakan jip, dan berjalan kaki menuruni jalan setapak dari tebing karst. Pasalnya, lokasi Pantai Watunene dikelilingi tebing karst setinggi kurang lebih 100 meter, kondisi inilah yang membuatnya disebut sebagai salah satu surga tersembunyi kawasan Gunungkidul.

3. Pantai Jogan

Ingin menikmati suasana pantai dan air terjun sekaligus? Anda bisa mengunjungi Pantai Jogan di Gunungkidul. Pasalnya, di Pantai Jogan terdapat ujung aliran sungai yang airnya jatuh langsung ke pantai layaknya air terjun, pemandangan ini tergolong langka di Indonesia.

Keindahan Pantai Jogan dengan air terjun yang mengalir deras yang berada di wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: hutterstock/Mazur Travel/Kemenparekraf

Menariknya lagi, untuk menikmati keindahan air terjun dan pasir pantai yang putih lembut di Pantai Jogan Gunungkidul kita bisa melakukan canyoning atau turun tebing menggunakan tali di antara air terjun. Cocok banget buat yang memacu adrenalin, bukan?

4. Pantai Grigak

Terletak di Desa Giriwungu, Panggang, Gunungkidul, Pantai Grigak memiliki keindahan yang tak kalah memukau dari deretan pantai lainnya. Ciri khas pantainya masih berupa tebing-tebing karst menjulang tinggi yang mengeliling pasir putih yang bersih.

Salah satu aktivitas yang patut dicoba di Pantai Grigak adalah snorkeling. Jika beruntung Anda bisa bertemu penyu-penyu berenang bebas di sekitar Pantai Grigak.

5. Pantai Srakung

Mencari pantai yang masih sepi layaknya private beach? Cobalah datang ke Pantai Srakung di Desa Pucung, Girisubo, Gunungkidul. Pantai ini menawarkan pemandangan yang asri, bersih, dan masih sepi pengunjung sehingga cocok untuk healing mencari ketenangan.

Namun untuk menuju ke Pantai Srakung, Anda harus menuruni tebing terlebih dahulu. Begitu sampai ke pasir pantai putih bersih menyambut kita.(ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs