Sabtu, 27 April 2024

Penelitian Ungkap Konsumsi Buah Kiwi Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental Dalam 4 Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Buah Kiwi.

Para peneliti baru-baru ini lewat hasil studinya mengungkapan bahwa mengkonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan suasana hati dan vitalitas hanya dalam empat hari.

Dilansir Antara dari laman Medical Daily, Rabu (31/1/2024), para peneliti dibalik penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menganalisis data survei ponsel pintar yang dikumpulkan selama studi intervensi diet dalam delapan minggu.

Survei tersebut mengamati perubahan harian dalam vitalitas, suasana hati, dan kesejahteraan pada 155 orang dewasa yang direkrut dengan kadar vitamin C yang rendah.

Para peserta diberi suplemen vitamin C setiap hari, plasebo, atau dua buah kiwi. Melalui survei, mereka diminta melaporkan vitalitas, suasana hati, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas tidur, serta aktivitas fisik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi buah kiwi meningkatkan vitalitas dan suasana hati dalam waktu empat hari, dan manfaat mengkonsumsi buah kiwi akan mencapai puncaknya sekitar 14 hingga 16 hari.

Para peserta juga menunjukkan peningkatan pertumbuhan sejak hari ke-14. Sementara itu, peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin C menunjukkan sedikit peningkatan hingga hari ke-12.

“Sumber makanan utuh (buah kiwi) menunjukkan peningkatan yang lebih besar dan lebih konsisten dari waktu ke waktu dibandingkan vitamin C saja, dan peningkatan tersebut lebih nyata terjadi pada individu yang secara konsisten memiliki kadar vitamin C rendah pada awal,” tulis para peneliti .

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah-buahan, khususnya vitamin C, memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap kesehatan mental.

Vitamin C membantu dalam mensintesis neurotransmiter, dan hormon peptida serta mengkatalisis beberapa enzim penting untuk menjaga kesehatan fungsi otak, termasuk suasana hati. Namun, hanya ada penelitian terbatas tentang seberapa cepat suasana hati membaik setelah mengonsumsi suplemen vitamin C atau sumber makanan utuh.

Dr. Ben Fletcher penulis utama dalam penelitian itu mengatakan, hal ini dapat membantu mereka melihat bahwa apa yang dimakan dapat berdampak relatif cepat terhadap perasaan.

“Peserta kami memiliki kesehatan mental yang relatif baik sehingga hanya memiliki sedikit ruang untuk perbaikan, namun masih melaporkan manfaat dari intervensi buah kiwi atau vitamin C,” kata Fletcher.

“Kami mendorong pendekatan holistik terhadap nutrisi dan kesejahteraan, memasukkan berbagai makanan kaya nutrisi ke dalam pola makan Anda,” tambah Fletcher. (ant/ike/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs