Minggu, 28 April 2024

Spotify Hadirkan Fitur Video Musik, Juga Tersedia di Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi logo layanan Audiobooks Spotify. Foto: Pixabay Ilustrasi logo layanan Audiobooks Spotify. Foto: Pixabay

Spotify yang selama ini dikenal sebagai aplikasi streaming musik, kini merambah ranah YouTube dengan menambahkan fitur video musik di aplikasinya.

Melansir Antara pada Kamis (14/3/2024), fitur ini baru tersedia dalam versi beta di sebelas negara yakni Indonesia, Brazil, Kolombia, Jerman, Italia, Kenya, Belanda, Polandia, Filipina, Swedia dan Inggris.

“Untuk peluncuran beta ini, kami memilih pasar ini berdasarkan sejumlah kriteria termasuk ukuran pasar dan ketersediaan dukungan konten lokal,” kata Sten Garmark VP Global Head of Consumer Experience Spotify.

Fitur itu juga memungkinkan pengguna untuk menonton video tanpa iklan, karena video-video tersebut di-hosting langsung oleh Spotify.

Namun, untuk mengakses fitur pemutaran video musik ini, pengguna diwajibkan untuk berlangganan premium terlebih dahulu.

Selain itu, fitur ini bisa diakses di bagian layar “Now Playing” dari lagu yang didukung oleh fitur video. Ketika memutar lagu, pengguna dapat mengetuk tombol “Switch to Video” yang membuat lagu akan diputar ulang dalam bentuk video.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengubah orientasi ponsel untuk menonton video musik dalam format landscape. Apabila ingin kembali mendengarkan lagu dalam bentuk suara, ketuk tombol “Switch to Audio”.

Dalam menghadirkan fitur pemutaran video musik ini, Spotify tidak bermitra dengan pihak lain seperti YouTube maupun pihak ketiga lainnya. Sehingga Spotify menyediakan sendiri video musik ini untuk bisa dinikmati penggunanya.

Untuk saat ini, jumlah lagu yang memiliki video masih terbatas. Akan tetapi, Garmark menjelaskan Spotify telah mendapatkan hak distribusi untuk menambahkan video musik baru.

“Pada peluncuran beta pertama kami, kami memulai dengan subset terbatas dari katalog lengkap, yang mencakup ribuan video musik. Dalam subset ini, kami ingin memprioritaskan cakupan genre dan artis yang luas di tujuan pasar peluncuran kami,” ujar Garmark.

Sebagai informasi, fitur video musik ini hanya tersedia di aplikasi Spotify untuk Android, iOS, desktop, dan TV. (ant/sya/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs