Kamis, 18 April 2024

Threads API Mulai Tersedia untuk Pengembang pada Juni 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi media sosial Threads. Foto: Tech Crunch Ilustrasi media sosial Threads. Foto: Tech Crunch

Platform Threads, Sabtu (2/3/2024) hari ini, mengumumkan akan menyediakan Application Programming Interface (API)-nya secara luas bagi para pengembang pada bulan Juni 2024 mendatang.

Sebagai informasi, API merupakan seperangkat aturan dan protokol yang memungkinkan program software yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain dan saling berbagi data.

Jesse Chen Manajer Teknik Facebook, memposting bahwa Meta telah mengembangkan API selama beberapa bulan terakhir. API yang dimiliki Threads saat ini memungkinkan pengguna untuk mengotentikasi, mempublikasikan Thread dan mengambil konten yang diposting pengguna melalui perangkat ini.

“Selama beberapa bulan terakhir, kami telah mengembangkan API Threads untuk memungkinkan para kreator, pengembang, dan merek untuk mengelola kehadiran Threads mereka dalam skala besar dan dengan mudah berbagi ide-ide baru dengan komunitas mereka dari aplikasi lain,” kata Chen seperti dilansir Tech Crunch.

Chen menambahkan bahwa Meta saat ini bekerja sama dengan sejumlah mitra, seperti Sprinklr, Sprout Social, Social News Desk, Hootsuite, tech news board Techmeme, dan beberapa pengembang lainnya.

Manajer teknik Facebook itu juga menambahkan, Threads ingin meng-update lebih banyak kemampuan pada API untuk moderasi dan pengumpulan wawasan.

Meskipun Threads tengah menambahkan kemampuan baru pada API, namun masih belum jelas apakah hal ini aakan memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pihak ketiga untuk Threads dan memungkinkan situs untuk langsung mempublikasikan konten ke platform tersebut.

Adam Mosseri, Head of Instagram, mengatakan bahwa API untuk Threads saat ini tengah dikembangkan. API bakal memungkinkan pengembang membuat aplikasi pihak ketiga yang akan menawarkan berbagai fungsi dan pengalaman baru dalam menggunakan Threads di masa mendatang. Terlebih lagi, Threads sekarang juga sudah memiliki versi website.

Selama bertahun-tahun, pengguna telah menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Hootsuite dan Tweetbot untuk memposting dan berinteraksi di situs media sosial seperti Twitter atau Reddit.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa situs ini berbalik melawan aplikasi pihak ketiga dengan menghapus API atau membuatnya jauh lebih mahal, mendorong beberapa aplikasi untuk menutup.

Beberapa pesaing Threads, seperti Bluesky dan Mastodon, telah merangkul aplikasi pihak ketiga sejak awal. Sebagai contoh, setelah perubahan API dari X memaksa Tweetbot untuk menutup, penciptanya membuat Ivory, sebuah aplikasi mirip Tweetbot untuk Mastodon. (azw/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs