Rabu, 1 Mei 2024

Tip Menjaga Kesehatan untuk Anggota KPPS Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pemeriksaan kesehatan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (15/12/2023). Foto: Antara Pemeriksaan kesehatan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (15/12/2023). Foto: Antara

Ngabila Salama Praktisi kesehatan masyarakat menyampaikan kiat menjaga kesehatan bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu (14/2/2024) mendatang.

“Sehat dimulai dari diri sendiri, tidak hanya fisik tapi juga mental. Petugas KPPS penting peduli akan kesehatannya selama menjalankan tugas negara ini,” kata Ngabila, seperti dilansir Antara pada Minggu (11/2/2024).

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Tamansari itu mengatakan, kesehatan para petugas KPPS harus dalam kondisi prima supaya bisa menjalankan tugas dengan baik saat pemilu.

Oleh karena itu, ia menyarankan para anggota KPPS untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang serta minum suplemen vitamin C dan D3.

Menurutnya, anggota KPPS yang akan bertugas dalam pemilu sebaiknya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir usai aktivitas.

Lebih lanjut, ia juga menyarankan anggota KPPS selama menjalankan tugas melakukan peregangan lima sampai sepuluh menit setiap dua jam dan memastikan kebutuhan air minum terpenuhi.

“Hindari juga minuman kemasan, soda, dan minuman berenergi yang mengandung kadar gula tinggi,” ujarnya.

Selain itu, dia menganjurkan para petugas KPPS untuk mencukupkan istirahat sebelum menjalankan tugas.

“Pastikan juga untuk istirahat cukup, minimal tujuh jam sehari. Jangan stres, lebih baik berbagi tugas dengan team work yang baik dan saling toleransi, empati,” terangnya.

Dia berpesan kepada para petugas KPPS agar segera menghubungi petugas kesehatan jika merasa sakit. (ant/ike/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs