Jumat, 3 Mei 2024

Dinkes Surabaya Siagakan Puskesmas dan Nakes Keliling Pantau Kesehatan KPPS

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Dinas Kesehatan Kota Surabaya bakal menyiagakan semua pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas, dan menerjunkan tenaga kesehatan (nakes) keliling memantau Tempat Pemungutan Suara (TPS) tepat 14 Februari 2024.

Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyebut, untuk memantau petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), setiap TPS akan ada tim mobile nakes terdiri dari dokter dan perawat.

“Dinkes akan menyantumkan nomor hotline 24 jam aktif di tingkat kecamatan dan kelurahan, serta menentukan rujukan tingkat pertama di puskesmas dan tingkat kedua di RSUD,” beber Nanik dihubungi awak media, Sabtu (3/2/2024).

Selain memantau langsung TPS, Nanik memastikan semua puskesmas untuk siaga saat hari pemungutan suara.

“Dinkes memfasilitasi dengan mengimbau pada puskesmas untuk siaga pada hari H pelaksanaan Pemilu,” tambahnya.

Sebelum masa pemungutan dan penghitungan suara, Nanik juga memastikan ada skrinning kesehatan bagi para petugas KPPS.

“Ada proses pelaksanaan skrinning kesehatan untuk petugas KPPS,” tandasnya.

Terpisah, Subairi Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya berharap seluruh petugas KPPS dalam kondisi sehat ketika melaksanakan tugasnya.

“Mudah-mudahan sehat semua, mohon doanya,” ujarnya.

Diketahui, ada 57.169 KPPS di Kota Surabaya sudah menjalani masa pelantikan serentak, pada Kamis (25/1/2024) lalu. Mereka bertugas di 8.167 TPS se-Kota Surabaya.

Saat pelantikan, KPU menekankan soal netralitas, juga agar setiap anggota KPPS menjaga kesehatan agar tidak kelelahan. Imbauan ini mengantisipasi kejadian Pemilu sebelumnya 2019, banyak anggota KPPS tumbang dan meninggal dunia diduga karena kelelahan.

Sebelumnya KPU RI dan Kemenkes sudah berkoordinasi untuk mencegah peristiwa ratusan petugas KPPS meninggal dunia dalam Pemilu 2019 terulang. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs