Selasa, 16 April 2024

Tips Meratakan Perut Sambil Puasa

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pada saat Ramadhan, beberapa orang yang berpuasa merasa berat badannya bertambah akibat dorongan “ngemil” di malam hari yang tentu saja membuat perut menjadi korbannya karena menjadi buncit.

Tak ada formula ajaib yang khusus dapat menghilangkan lemak pada perut, namun menjalani gaya hidup sehat dan makan makanan yang kaya nutrisi dengan ukuran porsi yang tepat dapat membuat perut rata.

Situs Al Arabiya News menyebutkan beberapa tips untuk mencapai porsi tepat itu, yakni:

1. Kurangi stres dengan makanan yang tepat
Ahli gizi New York, Kim Ross, mengatakan kepada Al Arabiya News bahwa pengurangan stres dan tingkat kortisol yang lebih rendah dapat mempengaruhi lemak perut.

Kortisol adalah hormon steroid yang dilepaskan sebagai respons atas stress dan glukosa darah yang rendah.

Kim yang mengarang buku “The Whole Life Fertility Plan” yang diluncurkan Januari lalu, menyarankan siapa saja yang ingin cepat menghilangkan lemak di perut agar menjauhi makanan yang bisa memicu stres seperti kafein, gula dan makanan olahan.

Sebagai gantinya, makanan nabati seperti “sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian dan sebagainya dapat membantu mengatasi stress dan kaya energi dan nutrisi.”

2. Makanlah sayuran kaya serat
“Tumbuhan kaya serat dapat membantu meluruhkan lemak,” kata Kim merekomendasikan makanan yang bisa mengenyangkan lebih lama.

Brokoli, kubis, kacang polong, oatmeal, apel, pir, kacang hitam, kacang kratok, artichoke, alpukat, raspberry adalah beberapa di antara makanan yang kaya serat, yang kurang lebih akan tetap sama selama proses pencernaan dan juga dapat mengurangi risiko stroke, darah tinggi, dan penyakit jantung.

3. Atur hormon dengan biji-bijian
Salah satu cara menghilangkan lemak di perut adalah memastikan hormon Anda teratur dan senantiasa dalam pengawasan. Satu cara alami menyeimbangkan tingkah si hormon adalah dengan mengkonsumsi biji flax dan biji chia.

“Mereka akan mengatur hormon yang berdampak pada penyimpananlemak,” kata kim seperti dilansir Antara.

Biji flax dan chia dapat diubah menjadi smoothies yang nikmat atau ditabur di atas salad warna warni.

4. Air anti-buncit
Air anti-buncit atau populer disebut Air Sassy, dinamakan demikian dari Cynthia Sass, pakar nutrisi yang menemukan air yang efektif meredakan rasa kembung itu.

Air Sassy kaya antioksidan, elektrolit, gizi dan zat kimia phyto yang membantu meningkatkan aliran, menghidrasi dan menyegarkan tubuh.

Orang yang mengkonsumsi empat hingga lima gelas per hari secara teratur dapat meratakan perutnya.

Bahan-bahan air Sassy:
2 liter air
1 sendok teh jahe parut
1 mentimun ukuran sedang, dikupas kulitnya dan diiris tipis
1 jeruk lemon ukuran sedang, diiris tipis
12 lembar daun mint

5. Lakukan kombinasi gizi
Untuk menambah penyerapan nutrisi guna meningkatkan energi, coba kombinasikan dan padukan beberapa makanan bersamaan.

“Contohnya, kombinasikan makanan yang mengandung vitamin C dan makanan yang kaya zat besi seperti steak dan tomat.”
Atau juga, padukan serealia utuh dan kacang-kacangan untuk menghasilkan protein yang lengkap. Bawang putih dan bawang bombay juga meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan seperti brokoli dan sayuran lain.

6. Kontrol ukuran porsi makan
Perut gendut berarti orang harus mengubah rencana gizinya. Dia tak boleh akan besar dua atau tiga kali sehari, kata personal trainer asal Dunai Haifa al-Musawi.

“Mereka harus makan tiga kali porsi terkontrol, setiap tiga jam dan tiga kali makanan kecil dan porsi karbohidratnya harus dikontrol,” kata dia.

7. Coba minyak kelapa
Sebuah penelitian menemukan wanita yang diberi minyak kelapa mengalami pengurangan signifikan atas indeks massa tubuh dan lingkar pinggang, berlawanan dengan mereka yang diberi minyak kedelai.

“Jangan masak dengan minyak, jika memang harus, gunakan minyak yang sehat seperti minyak kelapa,” kata Haifa.
Harus diingat, kata Haifa, minyak kelapa kaya lemak jenuh.

8. Makan perlahan
Ingat, otak kita butuh 20 menit untuk memberi tahu kalau kita sudah kenyang. Jadi biarkan indera pengecap Anda menikmati hijaunya daun atau protein yang sehat, perlahan! (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs