Jumat, 10 Mei 2024

Keterkaitan Kontingen dan Kondisi Pulau Kemaro Palembang Jelang Asian Games 2018

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pemandangan di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan. Foto: wisatatempat.com

Pulau Kemaro, sebuah delta kecil di tengah Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, bakal menjadi salah tempat wisata favorit selama penyelenggaraan Asian Games pada 2018 mendatang.

Pulau Kemaro yang memiliki luas sekitar 1.300 meter persegi menyuguhkan panorama pulau dan pagoda maupun vihara China beserta kisah di baliknya. Selain panorama alam, destinasi ini juga menyuguhkan wisata sejarah.

Hermansyah salah seorang staf Dinas Pariwisata Kota Palembang, kepada Antara memprediksi, destinasi itu akan menjadi jujugan kontingen Asian Games dari China selain wisatawan dari negara lain di Asia.

“Selama ini turis asing yang banyak ke sini berasal dari Hong Kong, Singapura dan Malaysia. Saat Asian Games nanti saya yakin kontingen dari China juga akan berkunjung karena latar belakang sejarahnya,” katanya.

Hermansyah yang tinggal di Pulau Kemaro sejak 1997 silam mengatakan, selama ini puncak kedatangan wisatawan pada saat Imlek. Pada saat itu, Yayasan Tri Dharma sebagai pemilik lokasi membuat jembatan darurat sepanjang 160 meter supaya bisa dilalui pejalan kaki dari pinggir Sungai Musi.

Meski menjadi satu di antara beberapa ikon wisata Kota Palembang selain Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera), Masjid Agung, dan Benteng Kuto Besak, menurutnya belum ada tanda-tanda bahwa Pagoda di Pulau Kemaro segera dibenahi untuk menyambut Asian Games 2018.

Sarana yang ada di pulau itu, katanya, sekarang ini hanya dermaga kayu sederhana, warung yang menjual kelapa muda, dan beberapa pedagang kaos dengan tampilan ala kadarnya. Hermansyah, selain sebagai staf honoror Disparta kesehariannya juga berdagang kelapa muda di pulau itu.

Dia juga mengatakan, sampai sekarang memang belum terlihat adanya atribut-atribut dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang akan digelar di kotanya. Baik umbul-umbul, spanduk, atau atribut lainnya.

“Mungkin pemerintah atau panitia masih fokus pada pembangunan dan persiapan infrastruktur, seperti LRT dan sarana pertandingan,” katanya.

Pulau Kemaro terletak sekitar enam kilometer dari Jembatan Ampera dan berlokasi di dekat kawasan industri. Jarang tempuh ke pulau ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit menggunakan kapal motor cepat dari dermaga Benteng Kuto Besak.

Pengunjung yang berniat berwisata ke Pulau Kemaro dapat memanfaatkan jasa pemilik kapal bertarif Rp200.000 per kapal untuk pergi pulang dengan masa tunggu maksimal satu jam.(ant/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
31o
Kurs