Kamis, 25 April 2024

Libur Natal, Pantai Papuma Dipadati Ribuan Wisatawan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Wisatawan di Pantai Papuma, Jember, Jatim. Foto: Antara

Kunjungan wisatawan ke Tanjung Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kabupaten Jember, Jawa Timur meningkat selama libur Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang bertepatan liburan sekolah.

Suharno, Senior Duty Manager Wisata Tanjung Papuma mengatakan, peningkatan ini terjadi sejak Sabtu (23/12/2017) sampai hari ini, Minggu (24/12/2017). “Jumlahnya sebanyak 2.000 hingga 4.000 per hari, kalau libur akhir pekan biasanya berkisar 700-1.500 wisatawan,” katanya, lansir Antara.

Objek wisata Papuma adalah satu di antara primadona destinasi wisata di Jember karena memiliki pemandangan yang indah dan eksotis di pesisir selatan, sehingga tidak jarang saat liburan dipadati wisatawan yang datang dari luar daerah.

“Tidak hanya wisatawan dari Jember yang datang ke Papuma, namun wisatawan dari luar daerah juga datang untuk melihat keindahan pantai yang banyak memiliki batu malikan tersebut dan menikmati aneka kuliner ikan laut,” katanya.

Wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Papuma dan sekitarnya dari lokasi Siti Inggil (tanah tinggi) yang sudah dibuat oleh pihak pengelola Perum Perhutani yang berada pada ketinggian 100 meter dari permukaan laut.

Dari Siti Inggil, wisatawan dapat melihat hamparan lautan lepas dengan deburan ombak yang berbusa putih di sepanjang bibir pantai yang menerjang batu-batu karang malikan, sehingga semakin lengkap pemandangan eksotis di Pantai Papuma.

“Target kami kunjungan wisatawan pada puncak libur Natal dan Tahun Baru antara 9.000 sampai 10.000 per hari, karenanya kami juga menyiapkan acara seni budaya Reog Ponorogo untuk menarik wisatawan pada pergantian malam tahun baru,” ujarnya.

Sementara, Arif Tjahyono Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember mengatakan, kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di Jember mengalami peningkatan pada libur Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengan libur sekolah.

“Kami berharap warga Jember menikmati liburan tidak perlu ke luar kota, cukup di Jember, karena banyak destinasi wisata yang menarik. Baik wisata alam, wisata buatan, maupun wisata budaya,” katanya.

Ia mengatakan pengelola objek wisata biasanya membuat kegiatan atau even-even yang menarik selama liburan sekolah. Sedangkan khusus untuk objek wisata alam, biasanya banyak dilirik pengunjung dari luar daerah, seperti Pantai Papuma, Teluk Love, dan Panorama Rembangan.

“Sejumlah objek wisata yang dipadati pengunjung di antaranya Tanjung Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma), Pantai Watu Ulo, Panorama Rembangan, Teluk Love Payangan, Taman Botani Sukorambi, dan Dira Park Ambulu,” katanya.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs