Selasa, 23 April 2024

Besok, Festival Yosakoi Digelar di Taman Surya

Laporan oleh Luana Yunaneva
Bagikan
Festival Yosakoi 2013 di Taman Surya Surabaya Foto : Luana Yunaneva, Suara Surabaya

Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya kembali menggelar Festival Yosakoi 2014. Digelar di Taman Surya, festival akan dilakukan Minggu (24/8/2014) besok dan dimulai pukul 07.00 sampai pukul 10.00 WIB.

Informasi yang diterima suarasurabaya.net, Festival Yosakoi merupakan salah satu program pertukaran sister city Surabaya-Kochi, berdasarkan “Tahun pertukaran jepang ASEAN” pada 2003.

Acara yang digelar setiap tahun sejak 2006 lalu ini, nantinya akan diikuti sekitar 40 tim dari sejumlah daerah di jawa Timur. Masing-masing diisi antara 20 sampai 30 orang. Pengumuman pemenang Tari Yosakoi akan diumumkan pada sore harinya.

Selain menampilkan budaya Jepang, Pemerintah Kota Surabaya juga akan menampilkan perlombaan tari Remo, sebagai rangkaian “Cross Culture Festival.

Amelia Bernadette warga Surabaya sekaligus mantan Coordinator for International Relation di Bagian Umum Pemerintah Kota Kochi Jepang pada periode 2009-2014 mengatakan, ada beberapa perbedaan antara Festival Yosakoi antara yang digelar di Surabaya dan di Kota Kochi.

Pertama, dari jumlah penari. Di Kochi, Jepang, ada sekitar 25 tim penari. Jumlah ini belum termasuk tim musik yang mencapai puluhan orang dan rombongan tim kesehatan sebanyak satu mobil. Sedangkan di Surabaya, setiap tim penari Yosakoi hanya sekitar 20 sampai 30-an orang.

Kedua, dari waktu dan tempat penyelenggaraan. Di Kochi, Jepang, Festival Yosakoi digelar selama empat hari berturut-turut, yaitu setiap tanggal 9 sampai 12 Agustus setiap tahunnya. Festival digelar di sepanjang jalanan di pusat kota. Berbeda dengan Festival Yosakoi di Surabaya yang hanya digelar sehari. Itu pun hanya beberapa jam dan hanya terpusat di satu titik saja, tepatnya di Taman Surya.

Meski kemasannya berbeda, Amelia tetap bisa menikmati Tari Yosakoi, yang memberikan semangat pada para penontonnya. Karena semangat itu hadir lewat musik yang menghentak dan naruko, yang merupakan alat musik tradisional yang wajib dimainkan di tangan saat membawakan tari Yosakoi. (lua/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs