Jumat, 14 Juni 2024

Beli Tiket Online di Minimarket Terkendala Waktu

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Semenjak dioperasikan mulai tahun 2011 lalu, pembelian tiket kereta api secara online mulai jadi pilihan masyarakat di Indonesia. Seperti yang diharapkan PT KAI masyarakat lebih memilih membeli via online karena lebih menghemat waktu dan tenaga.

Alternatif pembeliannya pun beragam, bisa melalui ATM, kantor pos, JNE, minimarket terdekat hingga mengakses langsung ke situs KAI atau agen resmi penjual tiket KAI.

Sugeng Priyono, Vice President Public Relations PT KAI saat dihubungi suarasurabaya.net mengatakan,”masyarakat kini sudah mulai teredukasi, makin banyak yang memanfaatkan pembelian tiket via online dan ini bagus.”

Akan tetapi, pembelian tiket secara online bukan berarti bebas dari permasalahan. Jika dulu untuk membeli harus rela mengantri dan berdesak-desakan, kini pembelian secara online harus terhalang oleh server yang mungkin gangguan hingga tiket yang susah didapat atau cepat habis.

Melalui minimarket misalnya, beberapa orang mengeluhkan mekanisme pembelian yang dirasa merugikan. Dalam diskusi di facebook E100 Suara Surabaya, beberapa kawan membagikan pengalaman dan keluhannya saat membeli tiket kereta via minimarket.

Dimana beberapa dari mereka mengatakan bahwa membeli tiket kereta di minimarket tidak bisa sewaktu-waktu karena ada pembatasan jam pembelian. Seperti yang diungkapkan Ratna Tri Martono, “ Saya pernah beli di atas jam 22.00 WIB, tapi kata kasirnya tidak bisa karena koneksi internetnya sudah dimatikan.”

Hal yang sama juga diungkapkan Silka Pundirama, ia bahkan mengeluhkan harus berpindah minimarket mencari tiket kereta. ”Saya sering sekali beli online dan bayar via minimarket. Kendalanya pembelian dibatasi waktu, jadi kalo server minimarket ngadat ya coba tempat lain. Karena itu mending bayar via atm saja,” kata dia.

Selain itu, tidak semua kelas kereta bisa dibeli via minimarket, seperti yang dikatakan Aditya Hermawan,”Tidak semua kereta api tiket-nya bisa dibeli. Khususnya kelas ekonomi. Padahal ketika di cek di stasiun kereta itu ada dan bisa beli tiket nya.”

Aku pernah di alfamart, saat aku mau pesan tiket yang ada cuma kelas ekskutif dan bisnis aja. Malah petugasnya suruh ke stasiunnya aja,” papar Dyon Al-farizzy , yang menceritakan pengalamannya membeli tiket di minimarket namun tidak berhasil. (ain/edy)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
26o
Kurs