Minggu, 19 Mei 2024

Long Weekend, Uang Rp100 M Berputar di Jatim

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Long weekend hari Raya Nyepi berimbas pada diserbunya tempat-tempat wisata seperti yang juga terjadi di Jawa Timur. Perputaran uang di Jawa Timur selama long weekend ini bisa mencapai Rp.50-100 miliar.

Sholeh Ketua Pehimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Senin (31/3/2014) mengatakan, daerah yang banyak dikunjungi selama long weekend ini diantaranya Malang, Batu, Tretes, dan Pandaan.

“Kalau dihitung-hitung perputaran uang selama long weekend ini misal sejak Jumat (28/3/2014) hingga Senin (31/3/2014) bisa mencapai Rp.50-100 miliar. Peningkatan omzet bisa mencapai 50 persen dari hari biasanya,” kata dia.

Perputaran uang ini, lanjut dia, seperti tempat wisata, hotel, restoran dan tempat hiburan lainnya.” Katakanlah di Jawa Timur ini kalau ada 300 hotel dan rata-rata selama long weekend ini perharinya Rp.50 juta omzetnya itu sudah berapa,” ujar dia.

Sementara untuk kota Surabaya sendiri, lanjut dia, masih belum menjadi tujuan utama masyarakat untuk menghabiskan long weekend. Ini karena kota Surabaya belum banyak memiliki destinasi wisata yang banyak.

“Kalau di Surabaya masih minim lokasi wisata, hanya ada KBS dan Kenjeran ditambah dengan Suramadu. Jadi banyak masyaralat lebih memilih ke luar Surabaya bahkan ke luar Jawa Timur,” katanya.

Saat inipun, kata Sholeh, masyarakat banyak yang berbondong-bondong menghabiskan liburan ke luar negeri. Ini karena biaya dan tranportasi ke luar negeri semakin murah serta mudah dijangkau. (dwi/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs