Kamis, 2 Mei 2024

Perhiasan Emas Paling Banyak Digadaikan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Sampai dengan Senin (7/7/2014) dari catatan pegadaian cabang Dinoyo, Surabaya, barang terbanyak yang digadaikan nasabah adalah perhiasan emas dengan berbagai bentuknya.

“Perhiasan emas yang paling mendominasi, dibandingkan barang-barang lainnya yang digadaikan. Bahkan sejak sebelum Ramadhan, barang yang paling banyak digadaikan perhiasan emas,” terang Muhamad Qoyin Kepala Pegadaian Cabang Dinoyo, Surabaya.

Mengapa perhiasan emas paling mendominasi, Qoyin memastikan bahwa hal itu sesuai dengan karakter perhisan emas yang mudah diperjualbelikan dibandingkan jenis barang berharga lainnya. Sekaligus harga emas yang relatif stabil.

“Perhiasan emas itu mudah diuangkan. Oleh karena itu, perhiasan emas menjadi barang yang sangat mendominasi di pegadaian. Kalau dibandingkan dengan mobil misalnya, perhiasan emas tetap lebih mudah diuangkan,” kata Qoyin.

Rita Hilmi Humas Pegadaian Kanwil XII Jawa Timur membenarkan bahwa perhiasan emas memang mendominasi barang-barang yang digadaikan nasabah saat Ramadhan ini.

“Laporan dari cabang-cabang kami, memang demikian. Apalagi Ramadhan dan mendekati Idul Fitri, nasabah lebih banyak menggadaikan perhiasan emasnya untuk kebutuhan Ramadhan,” papar Rita Hilmi saat ditemui suarasurabaya.net.

Meski tidak menyebutkan angka persisnya, Rita menegaskan bahwa perhiasan emas sekurangnya lebih dari 50% total jumlah barang yang digadaikan nasabah dan tersimpan di masing-masing gudang penyimpanan pegadaian Kanwil XII Jawa Timur.(tok/ipg)

Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs