Jumat, 26 April 2024

Waralaba Kuliner Nusantara Diminati Asing

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Selama ini waralaba kuliner asing yang banyak masuk Indonesia. Sekarang terbalik waralaba kuliner nusantara mulai banyak yang diminati investor asing.

Srie Agustina Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan menceritakan belum lama ini dia membawa merek Kebab Baba Rafi ke Amerika, animo investor ternyata besar. Bahkan produk minuman sari tebu Jojo cup juga akan buka 20 gerai waralabanya di Dubai, Uni Emirat Arab.

Srie berharap pelaku usaha waralaba terus tumbuh, bahkan ekspansi ke luar negeri. Ini juga bisa jadi antisipasi era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Untuk mengembangkan waralaba asli Indonesia, Kementerian Perdagangan terus berupaya mendampingi dan mendorong pemilik business opportunity (BO) sehingga mampu menerapkan sistem waralaba dalam menjalankan bisnis mereka.

Program pendampingan yang telah dijalankan Kemendag sejak 2012 ini terbukti menghasil mendorong tumbuhnya usaha waralaba asli Indonesia.

Menurut data Direktorat Bina Usaha Perdagangan Kemendag, hanya ada satu pemberi waralaba asal dalam negeri yang mendaftarkan usaha waralabanya untuk mendapatkan surat tanda pendaftaran waralaba (STPW) dari Kemendag. (berbagai/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs