Kamis, 16 Mei 2024

Bos Kopi Kapal Api, Saatnya Jatim Invasi Dagang ke Luar Negeri

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur bersama sejumlah pengusaha di Kedubes RI Honggaria di Budapest. Foto: Istimewa

Beberapa pengusaha Jawa Timur mengapresiasi langkah pemerintah yang berupaya mencari peluang kerjasama dagang di beberapa negara. Dalam kunjungan yang dilakukan tim ekonomi pemerintah Jawa Timur ke Polandia dan Hongaria, bahkan beberapa pengusaha asal Jawa Timur turut serta untuk ikut menjajaki peluang bisnis tersebut.

“Ini bagus. Saatnya kita menyerbu ke luar,” kata Soedomo Mergonoto Owner Kapal Api dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, di sela-sela pertemuan bisnis dengan pengusaha Hongaria di Kedutaan Besar RI di Budapest, Selasa (29/11/2016). Ia bersama sejumlah pengusaha dan Kadin Jawa Timur ikut misi dagang yang dipimpin Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur.

Menurut Soedomo, mulai sekarang misi dagang seperti ini penting untuk menyusun daftar kebutuhan yang bisa dipasok dari Jawa Timur. “Sebetulnya KBRI bisa membuat daftar tersebut. Para pengusaha di Indonesia yang kemudian menindaklanjutinya,” katanya.

Misi dagang yang dipimpin Gus Ipul ini merupakan kali pertama dilakukan Pemerintah Jawa Timur ke negara-negara Balkan. Meski baru ke Polandia dan Hongaria, sambutan para pengusaha setempat ternyata cukup antuasias. Di dua negara tersebut, ada kesepakatan bisnis yang kongkret antar pengusaha kedua negara.

Pengusaha ikan laut asal Surabaya Sutjianto juga menyambut baik langkah Pemerintah Jawa Timur yang merintis misi dagang ke sejumlah negara di kawasan Eropa Timur ini. “Saya sudah mulai ekspor ikan ke sini. Misi ini akan mampu mendongkrak dan memperluas komoditas yang bisa diekspor ke negara ini,” tuturnya.

Sementara itu Jamhadi Ketua Kadin Surabaya menganggap langkah Pemerintah Jawa Timur ini sangat baik. Dengan misi dagang ini akan membuka berbagai peluang bisnis antar kedua negara. “Yang membuat saya gembira, pengusaha di dua negara menyambut antusias misi dagang kita,” kata dia.

Sekadar diketahui, dengan Polandia, saat ini telah ditandatangani rencana kerja (working plan) antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Gdanks. Delegasi pengusaha Polandia akan melakukan kunjungan balasan ke Jawa Timur pada Maret tahun depan.

Sedangkan di Hongaria, sejumlah pengusaha juga sudah merencanakan kunjungan ke Surabaya menindaklanjuti misi dagang Gus Ipul ini. Bahkan, ada seorang pengusaha properti kenamaan di Budapest yang ingin membangun hotel di Indonesia. (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs