Sabtu, 2 Maret 2024

Omzet Surabaya Great Expo 2019 Tembus Rp 6,8 Miliar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat meninjau lokasi stan Surabaya Great Expo 2019. Foto: Istimewa.

Omzet transaksi gelaran Surabaya Great Expo (SGE) tembus Rp 6,8 miliar. Event tahunan yang berlangsung selama lima hari (14-18 Agustus 2019) di Exhibition Hall Grand City bisanikkan omzet sebesar 24 persen dibandingkan sebelumnya di tahun 2018.

Wiwik Widayanti Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surabaya mengatakan, kenaikan omzet tersebut melampaui target gelaran SGE tahun ini. Pihaknya tidak menyangka jika kenaikannya mampu mencapai 24 persen.

“Tentunya ini akan menjadi motivasi kami untuk tahun depan lebih maksimal lagi, dan menciptakan inovasi lagi,” kata Wiwik, Senin (26/08/2019).

Menurutnya, kenaikan omzet di SGE 2019 ini, tentunya juga diiringi kenaikan jumlah pengunjung. Jumlah pengunjung SGE 2019 yang berlangsung selama lima hari itu lebih dari 27 ribu orang.

“Sebesar 18 persen kenaikan jumlah pengunjung dibandingkan tahun kemarin,” katanya.

Ia menjelaskan, omzet Rp 6,8 miliar itu terdiri dari pendapatan dari PT Debindo Mitra Tama dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang melakukan transaksi penjualan produk selama pameran. “Omzet pemkot sendiri terdiri 605 juta,” katanya.

Sementara itu, Wiwik menyebut, jumlah OPD yang ikut dalam kegiatan transaksi itu terdiri dari Dinas Perdagangan, Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dan Dekranasda Kota Surabaya.

“Kemudian ada dari Pahlawan Ekonomi dan stand terdampak,” katanya.

Ia berharap, transaksi SGE 2020 nanti bisa terus meningkat. Maka dari itu, ia berencana menambahkan food track di depan Exhibition Hall Grand City Surabaya saat berlangsungnya SGE 2020 nanti.

“Nanti akan diperbesar lokasinya dan kami berupaya untuk mengundang sister city dari luar negeri untuk ikut bergabung di SGE tahun depan,” katanya. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
31o
Kurs